KOMSOSMAR LANAL P. ROTE DI DESA NEMBRALA

Lanal Pulau Rote –  Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) dan Perwira Staf Intelijen (Pasintel) Lanal Pulau Rote melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) terhadap warga Nelayan Desa Nembrala, Kec. Rote Barat, Kab. Rote Ndao, NTT. Selasa (09/06/20).

Sasaran kegiatan komunikasi sosial maritim (Komsosmar) tersebut adalah para nelayan lampara yang biasa mencari ikan dilaut sekitar Pulau Rote dengan cara memasang jaring dan memancing.

 

Pasintel Lanal P. Rote Kapten Marinir A. Rohman dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada para nelayan agar dalam beraktifitas mencari ikan dilaut tetap mengutamakan keselamatan kerja dan melengkapi dokumen kapal sesuai prosedur serta agar selalu update cuaca dilaut. Selain itu juga menyarankan agar di bentuk segera kelompok nelayan agar kedepannya lebih terkordinir dan lebih mudah di dalam penerimaan bantuan dari Pemerintah Daerah setempat serta tepat sasaran.

Sedangkan dalam kegiatan tersebut Paspotmar Lanal Pulau Rote Lettu Laut (P) Wahyudi juga memberikan himbauan tentang bahayanya melaut apabila dilaksanakan dalam situasi dan kondisi cuaca yang buruk, para nelayan harus selalu mengutamakan keselamatan dalam melaut/mencari ikan, serta menyampaikan bahwa nelayan adalah patner kerja sebagai mata dan telinga nya TNI AL apabila melihat adanya tindak pelanggaran dilaut agar segera melaporkan kepada instansi terkait dalam hal ini TNI AL.

 

Dalam kesempatan itu juga Paspotmar Lanal Pulau Rote tidak lupa menyampaikan bahayanya penyebaran Covid -19 yang sekarang ini sedang berlangsung. Diharapkan para nelayan tetap menjaga prosedur kesehatan seperti yang telah ditetapkan pemerintah untuk menghindari terinfeksi virus Covid-19.

 

Para warga dan nelayan setempat mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan dan arahan yang diberikan oleh Pasintel dan Paspotmar Lanal P. Rote atas apa yang telah dihimbaukan dan kedepannya agar ada pembinaan secara berkelanjutan bagi nelayan Desa Nembrala.

 

 

 

By. Dispen Lantamal VII.