Ketua Jalasenastri Cabang 7 Korcab V DJA II Tegal dan Pengurus Galakan Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Lantamal V, (9/6),—

Ketua cabang 7 Korcab V DJA ll. Ny. Via Ridwan Azis selaku ketua beserta pengurus manfaatkan lahan area Mako dan lahan kosong Satkamla guna memanfaatkan tanaman obat keluarga (Toga). Pada kesempatan ini¬† ketua menerangkan pada dasarnya tanaman obat dapat ditanam di sekitar rumah seperti di halaman, kebun, atau ladang bahkan ditanam di dalam pot jadi bagi ibu-ibu yang memiliki lahan sempit tidak usah khawatir ungkapnya”, Tanaman obat dikenal juga dengan istilah apotik hidup karena dengan menanam tanaman obat tersebut kita seperti memiliki apotik sendiri.

 

Kelebihan lain setiap bagian dari tanaman obat umumnya bisa dimanfaatkan mulai dari daun, batang, buah, kulit, biji, akar, dan umbi. Setiap bagian tersebut memiliki khasiat tersendiri yang bisa diolah, diracik, dan dikonsumsi dalam berbagai bentuk antara lain menjadi bumbu dapur, obat oles, hingga ramuan jamu yang dapat diminum.

 

Ayo kita tanam tanaman obat di rumah, baik yang bisa ditanam di halaman rumah atau di dalam pot-pot kecil, untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan, Apalagi kita tinggal di Indonesia yang kaya akan sumber tanaman obat yang bisa kita budidayakan sendiri “”Ajak Via.

 

Selain itu tanaman obat dapat menjadi tanaman hias yang dapat mempercantik rumah kita misalnya lidah buaya, serai, kunyit, lengkuas, jinten putih, kamandaru, bluntas, cesim, cabe, kemangi, sirih, bawang merah, bawang putih, jeruk, jambu, pepaya dan masih banyak tanaman lain yg bermanfaat  yang semuanya mengandung manfaat untuk obat maupun kebutuhan sayur mayur keluarga.

Harapannya agar dengan pembudidayaan apotik hidup ini berguna bagi kita semua dan dapat manfaatnya.