Sematkan Pin “Garuda Di Lautku”, Cara Danlantamal VI Tanamkan Pancasila Di Era Millenial Kepada Musisi Makassar

Makassar, Pancasila sebagai pandangan hidup perlu ditanamkan kepada masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Makassar yang kesehariannya menjadi musisi. Atas dasar inilah dengan cara yang berbeda Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas menggugah rasa nasionalisme para musisi tersebut dengan menyematkan Pin “Garuda Di Lautku” kepada para perwakilan musisi Kota Makassar bertempat di Studio Musica Jl. Abu Bakar Lambogo, Jum’at (05/06/2020).
 
Penyematan secara simbolis Pin dan Piagam Penghargaan GDL ini merupakan suatu bentuk penghargaan kepada para musisi Kota Makassar yang telah membantu dalam pelaksanaan Launching “Garuda Di Lautku” pada tanggal 17 Januari 2020 yang lalu.
 
Danlantamal VI menyampaikan bahwa penyematan ini juga dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Juni 2020 kemarin dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada para musisi ini sekaligus mengingatkan bahwa musik juga merupakan salah satu media pemersatu bangsa oleh karena itu diharapkan kepada para musisi untuk selalu tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui karya musik yang dapat mengangkat nama baik negara Indonesia ini.
 
“Dengan Pin ini diharapkan para musisi dapat lebih berkarya dengan tidak melupakan rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri karena dengan musik dapat menggelorakan dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Bangsa Indonesia dan juga kepada para penikmat musik khususnya para milenial yang akan terus melanjutkan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan terdahulu”, ujarnya.
 
“Fungsi Pancasila adalah sebagai pandangan hidup yang berarti bahwa Pancasila menjadi petunjuk atau pedoman diberbagai kegiatan kehidupan untuk mengatur kehidupan bernegara dan berbangsa Indonesia termasuk dalam kegiatan bermusik, para musisi harus bisa membawa nama baik Bangsa Indonesia baik di Negara sendiri maupun di kancah Internasional”, tambahnya.
 
Adapun jumlah Pin dan Piagam Penghargaan GDL yang diberikan yaitu berjumlah 119 pin yang secara simbolis disematkan oleh Danlantamal VI kepada para perwakilan musisi yang bernama Taufiq Rahma, S.E., Khalida Nur, Andi Arung Mappatunru, Nina Meylani, Syachrul Hamdhani, Surya Boedif dan Muchsin Hasnan Yusuf, S.S.
 
Dalam Penyematan ini juga, Danlantamal VI menyerahkan plakat miniatur monumen “Garuda Di Lautku” kepada Taufiq Rahma sebagai perwakilan para musisi Kota Makassar tersebut.
 
“Jangan lupa setiap tampil bermain musik, Pin GDL ini dipake ya”, pesan Danlantamal VI kepada para perwakilan pemusik tersebut.