Lanal Melonguane Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Guna Mencegah Penyebaran Covid-19.

Koarmada II. Melonguane (04/6/2020). Memasuki hari ke-81 pemeriksaan rutin kesehatan prajurit dan keluarganya di jajaran Lanal Melonguane, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T. M.Tr. Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane mengucapkan syukur dikarenakan seluruh prajurit beserta keluarganya belum ada yang terindikasi terinfeksi Covid-19. Pemeriksaan kesehatan rutin tersebut secara konsisten terus dilaksanakan setiap hari sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Terkait kegiatan pemeriksaan rutin kesehatan tersebut Perwira Korps Marinir yang cukup banyak menyandang brevet keahlian ini menyampaikan bahwa, hal itu penting dilakukan mengingat prajurit di jajarannya secara rutin aktif dalam kegiatan pengawasan, pengamanan, pemeriksaan kesehatan ataupun desinfektasi bagi para pelaku perjalanan yang merupakan penumpang kapal yang tiba di beberapa pelabuhan ke Kabupaten Kepulauan Talaud.  Selain pemeriksaan kesehatan setiap hari, Komandan Lanal Melonguane juga terus melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan bagi seluruh prajurit di jajarannya saat melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan tersebut baik penggunaan masker, kacamata/pelindung wajah, sarung tangan ataupun mensterilkan badan dan pakaian dengan kabut desinfektan pasca melaksanakan kegiatan. Di tengah kesibukannya membantu Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menjaga Kabupaten Talaud agar terus dalam kategori hijau, ia pun tak lupa untuk menjaga kesatuannya untuk tetap menjadi zona hijau.

Untuk menjaga kebugaran fisik seluruh prajuritnya diterapkan kegiatan olahraga setiap pagi setelah apel dan pemeriksaan kesehatan. Kegiatan olahraga pagi tersebut juga disertai dengan kegiatan rekreasi di pantai atau di laut guna menjaga kebugaran psikis. Selain itu, agar prajuritnya bisa betah berada di dalam lingkungan kesatrian guna social distancing saat di luar hari/jam kerja, serta melengkapi Primkopal Lanal Melonguane dengan sarana hiburan dan wifi internet. Menjaga moral dan moril prajurit adalah hal yang sangat penting, ujarnya. Dia menyadari dan memahami betul bagaimana faktor kejiwaan para prajurit di jajarannya yang banyak terpisah jauh dari keluarga dalam waktu yang cukup lama.

Menutup pernyataan tentang pelaksanaan pemeriksaan kesehatan rutin di internal jajarannya,  Danlanal Melonguane menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi bagi para prajuritnya atas peningkatan kesadaran pribadi, kinerja, disiplin, dedikasi, loyalitas, kreasi dan inovasi mereka. Kedepannya, berharap selama dibawah kepemimpinannya hal tersebut semakin terus meningkat yang pada akhirnya nanti akan membuahkan prestasi yang besar dan bermanfaat bagi TNI Angkatan Laut maupun seluruh masyarakat di wilayah perbatasan paling utara NKRI ini.