BK LANAL MAUMERE LAKSANAKAN PELATIHAN DAN PEMBEKALAN PENANGANAN PASIEN COVID-19

Lanal Maumere – Menindaklanjuti kenaikan jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Sikka, langkah antisipasi Lanal Maumere melalui Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Maumere Letda Laut (K) Dennys Sukarna adalah memberikan pelatihan dan pembekalan kepada seluruh anggota Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere mengenai penanganan Pasien Covid-19, bertempat di Balai Kesehatan Lanal Maumere, Mako Lanal Maumere, Jl. Magepanda KM 10, Nangahore, Desa Wuring, Kec. Alok Barat, Kab Sikka, NTT. Kamis (04/06/2020).

Rangkaian kegiatan Pelatihan dan Pembekalan kepada seluruh anggota Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere terbagi dalam dua sesi Paparan, yang pertama adalah paparan oleh Paurkesum Balai Kesehatan Lanal Maumere Letda Laut (K) dr. Andrey Anapitu mengenai teori dan praktek tentang Standar Operasional Operasi (SOP) penerimaan pasien suspect Covid-19 di Balai Kesehatan Lanal Maumere meliputi pasien dari prajurit TNI, keluarga maupun umum yang diteruskan penjelasan tentang pemakaian dan pelepasan alat pelindung diri (APD) yang benar dalam penanganan pasien Covid-19 dan cara kerja mengenai proses rapid test.

Sedang untuk sesi paparan kedua oleh Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Maumere Letda Laut (K) Dennys Sukarna yang menjelaskan mengenai penyiapan transportasi untuk rujukan ke rumah sakit rujukan dan menjelaskan langkah-langkah mengenai pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien terinfeksi Covid-19.

Paurkesla Balai Kesehatan Lanal Maumere Letda Laut (K) Dennys Sukarna dalam suatu kesempatan menyatakan, “Diharapkan seluruh anggota Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere dengan adanya pelatihan dan pembekalan mengenai penanganan pasien Covid-19 ini dapat menambah pengetahuan, cepat memahami dan dapat mengaplikasikan semua materi yang sudah diberikan untuk membantu dalam rangka penanganan pencegahan Covid-19 di lingkungan Lanal Maumere”.

 

/ Dispen Lantamal VII