TIM SFQR POSAL MUARA SANGATTA SELAMATKAN KORBAN LAKA LAUT

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Muara Sangatta adalah salah satu Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta dan dibawah Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan. Pagi tadi pukul 08.30 Wita, Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Posal Sangatta melaksanakan Search And Rescue (SAR) dalam rangka menyelamatkan korban kecelakaan di laut yang terjadi di perairan alur masuk Muara Kenyamukan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (04/06/20).

Adapun kronologisnya, dua orang warga nelayan yang menggunakan perahu bermesin jenis Ketinting atas nama Abdul Latief (56 tahun) dan Hapia (60 tahun) keduanya berasal dari Dusun Kenyamukan, Desa Singa Geweh, Sangatta Utara yang berusaha memaksakan diri menembus gelombang tinggi untuk memasuki alur Muara Kenyamukan sehingga mengakibatkan perahunya terbalik dan jaring yang berada di kapalnya turut terhambur disekitar tempat kejadian.

Melihat kejadian tersebut Tim SFQR Posal Muara Sangatta dengan sarana satu unit Speedboat Patroli milik Posal, berusaha untuk meminta bantuan dengan cara mengumpulkan warga nelayan setempat guna melakukan pertolongan terhadap korban. Hingga pukul 09.10 Wita kedua korban tersebut berhasil diselamatkan dan selanjutnya dibawa ke Dermaga TPI Kenyamukan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Alhasil, dipastikan bahwa perahu bermesin jenis katinting beserta jaringnya tersebut rusak.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.