Panen Raya Lantamal V, Wujud Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 3 Juni 2020

 

Upaya mendukung pemerintah dalam mewujudkan gerakan ketahanan pangan, terus dilakukan oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya. Hal tersebut dibuktikan saat Komandan Lantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono melaksanakan  panen raya padi varietas Ciherang di Komplek Lahan Pesawahan TNI AL Kenjeran Surabaya, Selasa (2/6).

 

Panen raya diawali dengan pemotongan secara simbolis padi varietas Ciherang oleh Laksma Tedjo,  yang selanjutnya diikuti oleh seluruh Asisten dan Kasatker Jajaran Lantamal V. Padi varietas Ciherang merupakan jenis padi hasil dari persilangan antara varietas unggul padi lokal yang bertujuan menghasilkan varietas padi unggulan.

 

Untuk menghasilkan padi yang berkualitas, dalam program ini  Lantamal V telah bekerja sama dengan Gabungan  Kelompok Tani (Gapokan) yakni Kelompok Tani Lebak dan Kelompok Tani Kenjeran, dengan luas lahan pertanian kurang lebih 72 hektar.

 

Sementara itu dalam sambutannya Laksma Tedjo mengatakan bahwa kebutuhan akan pangan merupakan sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia, bahkan Badan Pangan Dunia FAO telah mengingatkan bahwa saat ini dunia diambang krisis pangan.

 

“Ketahanan pangan sangatlah penting dilakukan mulai dari kesiapan produksi, kesiapan industri, pengolahan pasca panen dan pendistribusiannya harus kita siapkan sebaik mungkin, dan alhamdulillah panen kali ini sangat melimpah sesuai harapan, “ ujar Tedjo.

 

Orang nomor satu di Lantamal V ini juga menambahkan , jika program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh seluruh satuan TNI AL di jajaran Koarmada II tidak lepas dari instruksi Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, yang begitu peduli terhadap peran dan eksistensi prajurit dalam membantu pemerintah mengatasi situasi dan kondisi karena dampak  Covid-19 di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

 

(Sugi/Pen 2)