DISKES LANTAMAL VII LATFUNGKES PEMULASARAN DAN PERAWATAN JENAZAH PASIEN SUSPECT COVID-19

Lantamal VII Kupang – Sebagai langkah antisipasi dan bentuk kesiapsiagaan menghadapi meningkatnya pandemi Covid-19 khususnya di Kota Kupang, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VII melaksanakan latihan pemulasaran dan perawatan jenazah pasien suspect Covid-19, bertempat di Joglo Mako Lantamal VII, Jalan Raya Bolok, Kupang, NTT. Rabu (03/06/2020).

Dalam rencana Program Latihan Fungsi Dinas Kesehatan (Latfungkes) Lantamal VII TW I Tahun 2020, Diskes Lantamal VII melaksanakan kegiatan latihan pemulasaran dan perawatan jenazah pasien covid-19 selama 2 (dua) hari mulai tanggal 03 s.d. 04 Juni 2020 yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus praktek kepada anggota khususnya tenaga kesehatan tentang bagaimana prosedur dalam perawatan Jenazah suspect Covid-19 yang benar sesuai dengan SOP. Pengetahuan tersebut sangatlah penting dalam upaya melindungi para tenaga medis dari paparan Covid-19 yang bisa saja menulari mereka saat melakukan perawatan pasien terduga Covid-19.

Adapun urut-urutan kegiatan hari pertama latihan pemulasaran dan perawatan jenazah adalah sesuai dengan SOP dari Kementerian Kesehatan RI yang dimulai dari pemberian materi tentang perawatan jenazah pasien Covid-19, cara penggunaan APD, pembungkusan jenazah dengan plastik, mengkafani, menyemprotkan cairan disinfektan, memasukkan ke dalam peti jenazah, mensholati dan pengantaran jenazah ke pemakaman untuk di makamkan.

Dalam suatu kesempatan terpisah, Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut (K) M Haris Bennu, A.M.Ft, SKM, M.Kes menyampaikan, “Latihan pemulasaran Jenazah ini dilaksanakan untuk antisipasi dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Kupang dimana RSAL Samuel J. Moeda Lantamal VII mendapatkan limpahan pasien Covid-19 dari rumah sakit lainnya”.

Hadir dalam latihan tersebut diantaranya Personil Diskes Lantamal VII, Perwakilan Pers RSAL Samuel J. Moeda, Tim perawatan jenazah RSAL dan Tim perawatan jenazah Masjid Al Mahdi Komplek TNI AL Osmok.

 

/ Dispen Lantamal VII