PERSONEL LANAL TEGAL SAKSIKAN LANGSUNG SIARAN VIRTUAL PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Lantamal V, (2/6),—

Prajurit Pangkalan TNI AL  (Lanal) Tegal Lantamal V Koarmada II, menyaksikan langsung siaran virtual rangkaian upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo. Senin, (1/6).

 

Selaku penyelenggara upacara peringatan secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan mengusung tema ” Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”, dimana pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 pelaksanaan sangat terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, untuk itu dilaksanakan melalui siaran virtual secara langsung atau online.

 

Pelaksanaan mengikuti jalannya upacara peringatan secara virtual dari siaran langsung TVRI oleh segenap Prajurit Lanal Tegal berdasar telegram Panglima TNI No : B/1878-08/01/Spers tanggal 28 Mei 2020 dan Telegram Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) No : 121/Spers/0520 tanggal 29 Mei 2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

 

Secara langsung Prajurit Lanal Tegal menyaksikan siaran TVRI mulai pukul 07.50 sampai dengan pukul 08.20 Wib dilaksanakan di Ruang Rapat Soenar Sura Putra Mako Lanal Tegal Jl.Proklamasi no.1. Dengan susunan acara peringatan adalah Pembukaan, Menyanyikan  Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani NK., S.I.Kom, Pidato Kenegaraan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Budaya Prof. Dr. Muhajir Effendi M.A.P., dan penutup.

 

Beberapa hal pokok dalam pidato Kenegaraan Presiden RI adalah Pertama, Peringatan HUT Pancasila Tahun ini untuk menguji kesabaran, kepedulian dan perkokoh rasa persatuan dan persaudaraan kita dalam menghadapi tantangan bangsa Indonesia. Kedua, Terus meneguhkan kepedulian dan membantu kepada warga kita yang sa’at ini menghadapi kesulitan sosial ekonomi dalam menjalani kehidupan. Ketiga, Menjadi Bangsa yang kuat dan mandiri guna mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara. Ke-empat, Tingkatkan daya juang bangsa Indonesia untuk hadapi kesulitan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kelima, Sebagai bangsa yang besar kita harus tampil sebagai pemenang untuk tangani Covid 19 dengan meningkatkan gotong royong dan rasa persaudaraan serta saling membantu. Ke-enam, Mewujudkan Bangsa yang kuat dalam menghadapi setiap tantangan dan gangguan dan selalu berbagi untuk negeri yang kita cintai ini.

 

Rangkaian mengikuti upacara peringatan tersebut merupakan keputusan pemerintah RI dan perintah Komando Atas (Kotas) untuk selanjutnya, Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr. Hanla., CHRMP memerintahkan segenap Prajurit Lanal Tegal dan PNS beserta keluarga besar Lanal Tegal untuk wajib mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020, baik melalui siaran langsung dari kanal Youtube BPIP, Instagram BPIP dan siaran langsung TVRI dimana berada baik saat kantor, ruang kerja, rumah atau tempat tinggal masing-masing dan pelaksanaan atas perintah tersebut akan dilaksanakan pengecekan serta pelaporan kegiatannya.