LANTAMAL XIII DUKUNG PEMKOT MEMBUKA KEMBALI PELABUHAN

TARAKAN – Pelabuhan sebagai prasarana transportasi berfungsi untuk mendukung kelancaran sistem transportasi laut yang hubunganya erat dengan faktor sosial dan ekonomi yakni sebagai penggerak roda perekonomian. Sehubungan dengan semakin menyebarnya wabah covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan mengeluarkan surat edaran tentang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan salah satu yang tertuang dalam surat edaran tersebut adalah menutup operasional dan aktifitas di pelabuhan yang ada di Tarakan.

Terkait pemberlakukan New Normal, Pemkot Tarakan berencana akan membuka kembali operasinal dan aktifitas di pelabuhan dengan ketentuan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pagi tadi pukul 10.30 Wita Tim satgas Covid-19 bersama Kepala KSOP, Ka Cabang Pelni, Pasops Satrol Lantamal XIII, KKP Tarakan, Pelindo, Ka KP3 dan Dan Kal Simaya melaksanakan survey lokasi guna merencanakan pendirian Pos pemantau Covid-19 di wilayah pelabuhan dengan tujuan untuk dapat mengawasi secara ketat aktifitas masyarakat di pelabuhan, Selasa (2/6/20).

“Komandan Lantamal XIII beserta jajarannya mendukung rencana Pemkot terkait akan membuka kembali aktifitas di pelabuhan, namun harus dengan pengawasan yang ketat dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan masyarakat jangan merasa diawasi oleh petugas tapi mereka yang harus mengawasi diri sendiri,” tegas Perwira Staf Operasi (Pasops) Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XIII Letkol Laut (P) Surya Ari Muryanto.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.