PRAJURIT POSAL KAMPUNG BARU TURUT DALAM SAR GABUNGAN PENCARIAN ORANG JATUH DI LAUT

TARAKAN – Pos TNI AL (Posal) Kampung baru adalah Posal dibawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan dibawah Komando Pangkalan TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Tadi pagi pukul 08.30 Wita, setelah menerima informasi adanya laka laut, Prajurit Posal Kampung Baru turut dalam Search And Rescue (SAR) Gabungan dalam rangka pencarian orang jatuh di Laut di perairan Selat Makassar, yang diperkirakan berlokasi antara Jembatan Manggar sampai dengan RIG, Minggu (31/05/20).

Berdasarkan informasi, korban tersebut adalah seorang pemancing, korban bersama 9 (sembilan) orang rekannya sesama pemancing berangkat dari Jembatan Manggar tujuan RIG di selat Makassar utk melaksanakan kegiatan memancing menggunakan sarana Long Boat, saat ditengah perjalanan, saksi tidak melihat keberadaan korban diatas Long Boat sehingga saksi beserta rekan lainnya melakukan pencarian awal disekitar titik lokasi terakhir korban terlihat, namun tidak membuahkan hasil. Adapun data korban atas nama Bima (20 tahun), pekerjaan swasta, alamat Jl. R. E. Martadinata, Balikpapan sedangkan saksi atas nama Ari (25 tahun) yang merupakan rekan korban, pekerjaan swasta, alamat Balikpapan.

Posal Kampung Baru yang menerima informasi tersebut segera melaksanakan koordinasi dengan Instansi SAR, Pol Air polda Kaltim dan BPBD Kota Balikpapan untuk melaksanakan SAR gabungan dalam rangka pencarian korban dengan melaksanakan penyisiran di sepanjang perairan Teluk Balikpapan menggunakan Speedboat. Terkendala alut yang digunakan tidak dapat menjangkau lokasi kejadian, sehingga pencarian belum membuahkan hasil. Selanjutnya hingga saat ini Tim SAR gabungan masih melanjutkan pencarian tersebut menggunakan KN. 408 milik Kantor Pencarian Dan penyelamatan (KPP) kelas A Balikpapan.

Turut tergabung dalam kegiatan tersebut, personel Kansar Balikpapan, personel Polair Polda Kaltim dan personel Rescue KPP Balikpapan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.