Lantamal VI Terjunkan Pasukannya Sandarkan KRI Banda Aceh-593 Di Pelabuhan Hatta Makassar

 

Makassar, Kapal Perang TNI AL yang panjangnya melebihi lapangan bola tiba di Makassar hari ini, Minggu (31/05/2020). Kapal perang itu bernama KRI Banda Aceh (BAC) dengan nomor lambung 593 yang mempunyai panjang 122 meter dan dikomandani oleh Letkol Laut (P) Ali Setiandy.

KRI ini sebelumnya berangkat dari dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Bali dengan membawa Satgas Pamtas personel TNI AD yang terdiri dari Pasukan Yon 125 Medan 450 personel, Yon 516 Surabaya 450 personel, Kostrad 181 personel dan Yonif Raider 900/SBW sebanyak 450 personel menuju ke Makassar dan selanjutnya menuju Papua.

Menurut Kadisyahal Lantamal VI Mayor Laut (P) Benard Iskandar, dalam proses sandarnya di dermaga pelabuhan peti kemas Hatta Makassar, Lantamal VI menurunkan sejumlah pasukannya karena mengingat kapal ini adalah kapal yang panjang dan besar serta cukup mengambil tempat yang panjang di dermaga Soekarno Hatta Gudang No.10-140.

“Kami menyambut kedatangan KRI ini dengan jajar kehormatan dan karena KRI BAC-593 ini merupakan salah satu kapal yang besar dan panjang yang dimiliki TNI AL maka dibutuhkan pasukan untuk membantu proses penyandarannya di dermaga pelabuhan Peti Kemas Hatta, jadi merplug yang biasanya hanya beberapa personel saja, kali ini Lantamal VI menurunkan personel yang jumlahnya mencapai puluhan”, ujar Kadisyahal Lantamal VI.

“Rencananya, KRI BAC-583 yang mengangkut pasukan Satgas Pamtas ini akan sandar beberapa hari di Makassar untuk kembali melaksanakan Bekal ulang (Bekul) dan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 yang kemudian akan berlayar kembali menuju provinsi Papua”, tambahnya.