PERSONEL DISKES LANTAMAL XIII BERSINERGI DENGAN PERSONEL YONMARHANLAN XIII LAKSANAKAN FOGGING LOKASI PERKEMBANGBIAKAN NYAMUK

Dalam rangka mencegah timbulnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), personel Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan bersinergi dengan personel Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan melakukan penyemprotan asap/fogging yang dilaksanakan di seluruh lingkungan Yonmarhanlan XIII Tarakan yang beralamat di Jl. Binalatung, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara guna mencegh terjadinya perkembangbiakan nyamuk, Sabtu (30/5/2020).

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan Letkol Marinir Parison Renaldo Siregar,S.H,.M.M. pada kesempatan ini Menyampaikan bahwa, “selain melakukan fogging di seluruh area Yonmarhanlan XIII Tarakan, juga dilakukan gerakan 3M yaitu Menutup tempat panampungan air, menguras penampungan air sekali dalam seminggu, dan Mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Gerakan 3M ini dilakukan dengan tujuan untuk memberantas nyamuk sejak masih berupa telur atau larva, karena jika hanya mengandalkan penyemprotan asap/fogging, yang terbunuh hanya nyamuk dewasa saja”.

Kegiatan fogging nyamuk ini dilaksanakan oleh Diskes Lantamal XIII Tarakan dan personil kesehatan Yonmarhanlan XIII. Dalam kesempatan tersebut Komandan Yonmarhanlan XIII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskes Lantamal XIII Tarakan yang telah melaksanakan kegiatan fogging di Mako Yonmarhanlan XIII Tarakan. Diharapkan dengan adanya lingkungan yang bersih dan bebas dari nyamuk, akan membuat betah dan nyaman bagi para penghuninya khususnya prajurit dan keluarga besar Yonmarhanlan XIII Tarakan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.