SATROL LANTAMAL XIII SIAP MENJAGA DAN MENGAMANKAN WILAYAH PERAIRAN KALTARA

TARAKAN – Wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan adalah wilayah perairan yang berbatasan langsung dengan perairan negara tetangga yaitu sebelah utara berbatasan dengan negara Filipina dan Malaysia, sehingga berpotensi menimbulkan kerawanan baik tindak pelanggaran di laut maupun pelanggaran wilayah.

Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XIII yang beralamat di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Sebengkok, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara merupakan satuan pelaksana dibawah Komando Pangakalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII). Dalam kegiatan sehari-hari Satrol Lantamal XIII melaksanakan patroli rutin diperairan Kaltara, namun demikian dalam hal khusus unsur patroli baik Kal, Patkamla dan Sea Reader sewaktu-waktu siap digerakkan jika ada perintah.

Siang tadi Dansatrol Lantamal XIII Kolenel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo didampingi oleh Perwira Staf Operasi (Pasops) Satrol Lantamal XIII Letkol Laut Laut (P) Surya Ari Muryanto melaksanakan pemeriksaan Patkamla Sebatik yang rencananya sore ini akan melaksanakan patroli. Adapun pemeriksaan yang dilaksanakan meliputi kondisi kapal, sarana pendukung, personil dan persenjataan yang hendak digunakan, Jum’at (29/05/20).

“Kondisi kapal Patroli, personil pengawak dan persenjataan harus siap, ini patroli bukan rekreasi jadi semua harus siap, kalau tidak siap lebih baik tidak usah patroli, keselamatan personil dan material harus menjadi prioritas, oleh karena itu saya dan Pasops menyempatkan diri melihat secara langsung ke kapal untuk mengetahui kesiapannya sebelum melaksanakan patroli”, tegas Dansatrol disela-sela pemeriksaan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.