DANPOSMAT KOLO BIMA HADIRI RAPAT SOSIALISASI PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PELABUHAN BIMA

Lanal Mataram – Komandan Pos Pengamat TNI AL (Danposmat) Kolo Bima Peltu SAA Muhammad menghadiri rapat Sosialisasi Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah kerja Pelabuhan Bima, bertempat diruang rapat KSOP Bima, NTB. Rabu (27/05/2020)

Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal (Dirjend) Perhubungan Laut (Hubla), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Nomor 21 Tahun 2020, tentang petunjuk operasional transportasi laut, untuk pelaksanaan pembatasan perjalanan orang, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Untuk mengantisipasi perkembangan dampak Pandemi covid-19 di Kota Bima, perlu dilakukan antisipasi pencegahan penyebaran dampaknya dengan langkah cepat, tepat dan sinergitas antar lintas sektor terkait khususnya di wilayah pelabuhan Bima.

Danposmat Kolo Bima mengikuti pelaksanaan rapat sosialisasi percepatan penanganan covid-19 wilayah Pelabuhan Bima, dimana dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa keputusan yang akan ditindaklanjuti diantaranya: akan dibuka kembali tranportasi laut (Pelni) khusus untuk penumpang tertentu dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dan persyaratannya; Calon penumpang harus menunjukkan surat kesehatan/Negatif Covid-19 dari Dinas Kesehatan asal yang sudah direkomendasikan; Untuk Mahasiswa harus menunjukkan surat ijin dari Kampus; Akan memperketat pengawasan ditiap-tiap pintu masuk Kota Bima;  Pembentukan Pos Komando (Posko) Terpadu di Pelabuhan dan Mengadakan Patroli bersama untuk mengantisipasi adanya perahu-perahu yg membawa penumpang dari wilayah barat Teluk Bima menuju Kota Bima.

Hadir dalam rapat : Kepala KSOP Bima, Kadishub Kota Bima, Gugus Tugas Covid-19 diwakili sekretaris (Kepala BPBD Kota Bima), Kacab Pelni Bima, Pelindo III Cab. Bima, KKP Pelabuhan Bima, Kepala Kantor Karantina Hewan dan Tumbuhan Pelabuhan Bima, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Bima, Satpol Airud, Danposmat Kolo Bima, Kepala kantor SROP dan Ketua DPC Pelra.

 

/ Dispen Lantamal VII