ANTISIPASI KERAWANAN DI WILAYAH PERAIRAN KALIMANTAN UTARA TIM INTELIJEN LAKSANAKAN PEMANTAUAN DI JUWATA DAN PULAU TIBI

TARAKAN – Kalimantan Utara merupakan wilayah kerja Komando Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) yang memiliki perairan cukup luas dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Negara Malaysia, sehingga perairan Kalimantan utara memiliki tingkat kerawan yang cukup tinggi.

Guna mendeteksi dan mencegah dini terhadap tindak pelanggaran di laut, siang tadi Komandan Tim Intelijen (Dantim Intel) Lantamal XIII Letkol Laut (KH) Herlan Tismara, S.Sos. didampingi Wadantim Intel serta Dan Unit Tek 3 beserta satu orang anggota melaksanakan pemantauan di Juwata dan sekitar Pulau Tibi dengan menggunakan matsus Teropong ANT X Spotter HD-80x yang dimiliki Tim Intelijen. Dalam kegiatan tersebut Dantim Intel dan rombongan menyempatkan diri singgah di Posal Juwata untuk melaksanakan koordinasi, Rabu (27/05/20).

”Kita ingin, perairan Kalimantan Utara aman dari tindak pelanggaran baik penyelundupan narkoba, perampokan di laut, illegal Oil maupun semua jenis pelanggaran yang bertentangan dengan hukum, harapannya adalah keberadaan Lantamal XIII dapat menciptakan rasa aman bagi pengguna moda transportasi laut”, tegas Letkol Herlan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.