PRAJURIT LANAL KOTABARU TURUT TERLIBAT DALAM PEMERIKSAAN 980 PENUMPANG PENGGUNA MODA TRANSPORTASI LAUT

TARAKAN – Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru merupakan Lanal dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) yang berkedudukan di Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam upaya penanggulangan terhadap penyebaran Covid-19, pada Hari Senin (25/05/20) Prajurit Lanal Kotabaru yang tergabung dalam Pengamanan (Pam) Siaga Covid-19 turut terlibat dalam pemeriksaan 980 penumpang pengguna moda transportasi laut dari dan ke Kotabaru yang berlangsung di Posko Gugus Tugas Covid-19 Pelabuhan Ferry Tanjung Serdang, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi, apel pagi dan pengecekan personel Pengamanan Covid -19, monitoring penumpang yang naik dan turun kapal dari dan ke Kotabaru yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh penumpang dengan menggunakan termogun sesuai prosedur protokol kesehatan, mewajibkan seluruh penumpang untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir ditempat yang sudah disiapkan, melaksanakan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh penumpang melalui bilik disinfektan serta menghimbau kepada para penumpang agar tetap mengenakan masker. Dari hasil pemeriksaan, seluruh penumpang dinyatakan sehat dan tidak di temukan adanya tanda-tanda atau keluhan medis terkait Covid-19.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Posko Pelindo III Stagen Kotabaru, di Pelabuhan Panjang Siring Laut, Jl. Pangeran Indra Kusuma, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru dan di Pelabuhan Ferry Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu. Selama pelaksanaan kegiatan, situasi dimasing-masing Posko Gugus Tugas Covid-19 dalam keadaan aman dan kondusif.

Adapun instansi yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain personel Kodim 1004 Kotabaru, personel Polres Kotabaru, personel Dishub Kotabaru, personel BPBD Kotabaru, personel Dinkes Kotabaru dan personel Satpol PP Kotabaru.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.