Di Tengah Laut Mediterania, Satgas MTF TNI Konga XXVIII/L Unifil KRI Sultan Hasanuddin-366 Rayakan Idul Fitri Secara Sederhana

TNI AL.Koarmada II, 26 Mei 2020

Berlangsung secara sederhana namun penuh rasa kekeluargaan. Begitulah yang terjadi saat para personel Satgas  Maritime  Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin-366, merayakan Idul Fitri 1441 H di Laut Mediterania, Lebanon, pada Minggu(24/5).

Bulan ramadhan dan perayaaan Idul Fitri tahun ini mempunyai makna tersendiri bagi Prajurit Satgas MTF yang tergabung dalam misi perdamaian PBB tersebut. Pasalnya selain dijalani dalam kondisi serta waktu yang berbeda dari biasanya di tanah air, tahun ini pandemi Covid-19 ikut mempengaruhi.

“ Ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini mempunyai tantangan yang cukup berat bagi kami, dimana hampir sebulan penuh melaksanakan puasa di medan operasi Area Maritime Operation (AMO), dengan cuaca yang sewaktu-waktu tidak menentu. Disamping itu, kita juga harus menyesuaikan waktu puasa yang jadwal pelaksanaannya dipengaruhi oleh musim dingin dan  musim panas, “ terang Dansatgas, Letkol Laut (P) Ludfy ditengah acara.

Sementara itu bertindak selaku imam dan khotib dalam sholat Ied adalah Koptu Lis Imam Nasa’i anggota Departemen mesin KRI SHN-366.

Usai melaksanakan sholat Idul Fitri, kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal dan ramah tamah dengan hidangan khas lebaran yang  mampu mengobati kerinduan para prajurit dengan keluarga tercinta di tanah air. “Kendati demikian kita tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana himbauan Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, kepada seluruh prajurit dan unsur di jajaran Koarmada II dalam membantu memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Ludfy.

(Nov/Pen2)