DANLANTAMAL XIII BACAKAN VISI DAN PROGRAM KASAL PADA APEL KHUSUS

TARAKAN – Bertindak sebagai penerima apel khusus yang dilaksanakan pada pagi tadi pukul 07.00 Wita di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Danlantamal XIII Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.si. membacakan visi dan program Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Selasa (26/05/20).

Visi Kasal tersebut yakni terwujudnya TNI AL yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, madiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong. Adapun sembilan program yang menjadi prioritas Kasal antara lain pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul sesuai kebijakan pembangunan pemerintah. Kedua, modernisasi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Pesawat Udara (Pesud) dan material tempur Marinir menuju kekuatan yang siap dioperasikan melalui percepatan proses prioritas yang paling dibutuhkan TNI AL. Ketiga, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras) TNI AL yang meliputi wilayah kerja Koarmada I, II dan III dimana sarpras Natuna merupakan prioritas strategis guna penguatan nilai pertahanan dan keamanan di laut di wilayah Natuna. Keempat, pembangunan sistem kekuatan dan kesiapan operasional yang bersinergi melalui pembangunan sistem informasi untuk mendukung kesiapan operasional. Kelima, penyelarasan doktrin, operasi dan latihan serta sistem pendidikan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika dan situasi terkini yang meliputi perubahan ancaman dan dinamika global. Keenam, peningkatan kemampuan cyber TNI AL memasuki era digital. Ketujuh, peningkatan program dan anggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan reformasi birokrasi yang mencerminkan kerja nyata. Kedelapan, perbaikan sistem dukungan logisik yang mendukung pelaksanaan tugas TNI AL melalui prosedur yang dilaksanakan secara tertib administrasi dan akuntabel. Kesembilan, peningkatan kemampuan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman yang bersifat konvensional.

Usai apel khusus, dilanjutkan dengan acara Halal bihalal yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan prosedur protokol kesehatan yakni dengan tidak berjabat tangan namun cukup dengan menangkupkan kedua telapak tangan didepan dada masing-masing personel.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Nur Aziz, para Asisten Danlantamal XIII, Dansatrol Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo, para Kadis/Kasatker Lantamal XIII, seluruh perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal XIII serta seluruh prajurit Yonmarhanlan XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.