ASOPS DANLANTAMAL VII IKUT RAKOR LANJUTAN GT COVID-19  PROV. NTT

  

Lantamal VII Kupang – Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VII mengikuti Rapat Koordinasi lanjutan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT terkait upaya pencegahan penyebarluasan Covid-19 di wilayah NTT, bertempat di Ruang Rapat Pernandes Lantai III Kantor Gubernur NTT, Jalan Eltari Kupang NTT. Rabu (20/05/2020).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 wilayah Prov. NTT kembali mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) lanjutan untuk menyikapi eskalasi penyebaran Covid-19 di Prov. NTT yang semakin meningkat dan masif, rapat koordinasi lanjutan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTT Ben Polo Maing yang diikuti peserta rapat sekitar -+ 55 Orang.

Terjadi penambahan 5 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 3 kasus di Kota Kupang berasal dari transmisi lokal yang kontak erat dengan pasien yang dirawat dan sudah meninggal. Berdasarkan hasil tracking terdapat 4 Kelurahan di Kota Kupang yang perlu diwaspadai yaitu kelurahan Oesapa, Nunleu, TDM dan Kuanino. Sedang 2 kasus positif covid-19 di Ende merupakan Clauster Magetan.

Bandara El Tari Kupang telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) penjagaan dan pemeriksaan gugus tugas Covid -19 dimana Danlanud El Tari sebagai koordinator pengamanan pintu masuk dan keluar bandara dibantu Polri, KKP dan GM Angkasa Pura I Bandara El Tari Serta KA UPBU se- NTT. Untuk Maskapai Lion Air telah beroperasi kembali mengangkut penumpang dengan kapasitas 50 % sejak tanggal 15 Mei 2020, namun belum lancar dan normal. Maskapai lainnya belum beroperasi mengangkut penumpang.

Bupati atau Walikota membentuk satgas pengendalian pengawasan dan penegakan hukum. Satgas terdiri dari unsur Polri/polres selaku koordinator dan Pemda yaitu Dinas Perhubungan (Dishub) selaku wakil kordinator, BPBD selaku Sekretaris dengan anggota Dinas Kesehatan, Satpol dan unsur TNI. Sedangkan untuk pembiayaan Satgas berasal dari APBD Kabupaten atau Kota.

Bahwa akan segera dilaksanakan pembentukan Satgas dengan jalur laut dan udara. Dan apabila ditemukan orang atau penumpang kapal atau pesawat udara yang tidak memiliki surat/tidak lengkap dari gugus tugas akan langsung ditindak lanjuti dan langsung di karantinakan selama 14 hari.

Hadir dalam Rakor LO GT PP Covid-19 (Gugus Tugas Nasional) Marsma TNI (Purn) Arif Ichwan, Sekda NTT Ben Polo Maing, Kadis Perhubungan Prov. NTT Ishak Noka, Kadis Nakertrans Prov. NTT Sylvia Peku. D, Sekda Kota Kupang, Asops Lantamal VII Kupang Kol. Philipus Sri Suharto, Pasiops Korem 161/WS Kapten Dadan, Kadis Ops Lanud El Tari Kupang, Kepala Kesbangpol NTT Johanna Lisapally, Kalak BPBD Kota Kupang Jemy Didak, GM Angkasa Pura Barata Singgih Perwakilan dari Fakultas Kesehatan, Imigrasi Haryanto, BPT D XIII NTT Tito Gesit Utiarto dan Kepala BPBD NTT Thomas.

 

/Dispen Lantamal VII