PERSONEL POSAL ATAPUPU HADIRI RAPAT POSKO SIAGA COVID-19 PELINTAS BATAS WILAYAH RI -TIMOR LESTE

Lantamal VII Kupang – Personel Pos TNI AL (Posal) Atapupu melaksanakan rapat pembentukan Posko Siaga Covid-19 untuk para pelintas batas wilayah Republik Indonesia-Timor Leste khususnya yang berada di Desa Jenilu, Bertempat di Aula Kantor Desa Jenilu, Kec. Kakuluk Mesakh, Kab. Belu, NTT. Senin (18/05/2020)

Agenda utama yang dibahas dalam rapat yang dipimpin oleh Kepala Desa Jenilu Bapak Robert Nobak adalah upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, TNI-Polri serta Instansi terkait dalam penanganan dan pencegahan virus Covid-19, khususnya dalam mengefektifkan Posko Siaga Covid-19 bagi para pelintas batas wilayah Republik Indonesia-Timor Leste atau sebaliknya. Adapun tujuan dari rapat ini adalah untuk melaksanakan pendirian beberapa pos komando (Posko) penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Belu beserta peralatan untuk personel Posko seperti perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD), Thermo Gun dan larutan cairan disinfektan yang siap digunakan. Sedangkan personel yang akan dilibatkan untuk mengawaki Posko Siaga Covid-19 tersebut terdiri dari gabungan personel dari TNI-Polri, Pusat Kesehatan Atapupu, Tim Media dan Linmas yang bertugas secara bergantian.

Dalam suatu kesempatan yang terpisah, Danposal Atapupu Letda Laut (T) Asri Rahim mengatakan, “Posko siaga Covid-19 yang berada Pelabuhan Atapupu yang dikhususkan untuk melayani para nelayan dan masyarakat pesisir pantai yang melintas batas wilayah laut Republik Indonesia-Timor Leste atau sebaliknya.”

Diharapkan personel gabungan yang mengisi Posko Siaga Covid-19 nantinya dapat berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mematuhi semua imbauan dan kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat serta penerapan maklumat Kapolri tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga, diharapkan wabah Covid-19 ini dapat segera diatasi dengan cepat, tepat dan terkendali. Dan apabila  imbauan tentang kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang diabaikan maka dapat dilakukan tindakan tegas yaitu dengan pembubaran massa.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis masker, sabun dan ember kepada masyarakat setempat.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolsek Kakuluk Mesak, Danramil Kakuluk Mesak, Danposal Atapupu, Kapospol Air Atapupu, Kepala Syahbandar Atapupu, Kepala Beacukai Atapupu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Linmas Desa Jenilu.

/ Dispen Lantamal VII