POTMAR LANAL MAUMERE BUDIDAYA IKAN LELE DALAM EMBER

  

Lanal Maumere – Personil Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Maumere melaksanakan budidaya ikan lele dalam ember (Budikdamber) dalam mendukung program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19, Kantor Spotmar Lanal Maumere, Kab. Sikka, NTT. Senin (18/05/2020).

Dibawah Komando Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Maumere Lettu Laut (E) Pujiono, personil Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Maumere melaksanakan program kegiatan budidaya ikan lele dalam ember yang terkenal dengan istilah Budikdamber. Dimana dengan menggunakan teknik Budidamber ini kita dapat memelihara ikan lele dan menanam sayuran sekaligus di ember dengan lahan yang terbatas atau sempit.

Untuk tahap pertama program Budikdamber yang di laksanakan di lingkungan Kantor Spotmar Lanal Maumuere, disiapkan bibit ikan lele sebanyak 550 ekor untuk 10 buah ember. Dimana nantinya setiap ember yang sudah disiapkan akan diisi dengan bibit lele sebanyak 50 s.d 60 ekor, dengan ukuran bibit antara 6 s.d 8 cm. Sedang untuk tanaman kangkung ditempatkan di dalam aqua gelas dengan media kayu arang yang diletakkan dipinggir ember, jumlah diatur sesuai kebutuhan.

Paspotmar Lanal Maumere Lettu Laut (E) Pujiono dalam suatu kesempatan menyampaikan, “Dalam pertumbuhan normal ikan lele dapat dipanen atau layak konsumsi pada usia 2 s.d. 2,5 bulan. Sedangkan sayur kangkung dapat dipanen setiap 2 minggu sekali atau sesuai kebutuhan.”

“Program Budikdamber ini masih akan kita kembangkan lagi kedepan untuk mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19 yang sedang melanda negeri kita Indonesia tercinta,”ujar Pujiono.

 

/ Dispen  Lantamal VII