OPTIMALKAN WFH LANAL DENPASAR ADAKAN LOMBA KEBERSIHAN LINGKUNGAN ASRAMA TNI AL

Lantamal V, (16/5),—

Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Dewi Ketut Budiantara didampingi Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Gede Padang, Kasatfaslan, serta  I Made Murah, S.Sos., dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Denpasar melaksanakan penilaian lomba kebersihan Mess TNI AL di lingkungan perumah Prajurit Rumdis R. Widianto Lanal Denpasar, perumahan Perwira Halmahera Denpasar dan Mess Samudera Lanal Denpasar,  Dalam Rangka Optimalisasi pelaksanaan Work From Home di masa Pandemi Covid (WFH) 19 di Jajaran Lanal Denpasar Bali, kemarin.

 

Menurut, Ketua Jalasenastri Cabang 10 Lanal Denpasar, tujuan lomba kebersihan rumah sehat ini untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan dengan merawat lingkungan dan tempat tinggal. Lomba kebersihan ini dapat dijadikan sebagai contoh teladan bagi warga komplek dan masyarakat disekitarnya. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman, ucap Ketua Cabang 10.

 

Adapun Tim penilai lomba dari DKLH Kota Denpasar mengatakan kriteria dalam penilaian lomba itu meliputi penilaian kebersihan, kerapihan, keindahan dan kreatifitas rumah baik dalam maupun lingkungan sekitar. Dan juga menerapkan aspek 3 S yaitu serasi, seimbang dan selaras yang berarti didalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari terdapat nilai dan norma yang berlaku secara umum serta harus kita hormati dan jalankan sebagai warga masyarakat yang baik. Hukum pun ada untuk mengatur warga masyarakatnya secara paksa untuk mengendalikan setiap manusia yang ada di masyarakat tersebut sehingga ada keseimbangan antara kehidupan mahluk hidup dan alam, jelasnya.

 

Aspek-aspek yang menjadi kriteria penilaian yaitu kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar rumah, halaman yang bersih, sanitasi dan pembuangan limbah rumah tangga. Kerapihan meliputi penataan dan penempatan perabotan, penempatan pot-pot bunga yang teratur, gorden dan fitrasenya. Keindahan meliputi pemberian warna cat sesuai dengan aturan warna, penyusunan dan tata letak yang sesuai, serta pemanfaatan lahan yang kosong yang diisi dengan tanaman yang bermanfaat.

 

Usai  pelaksanaan penilaian lomba kebersihan pada siang harinya langsung diumumkan para pemenangnya di gedung serbaguna IGP. Dwinda Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar yang dihadiri oleh Komandan pangkalan TNI AL Denpasar Bali Kolonel Laut (P)  Ketut Budiantara, S.E., Palaksa Lanal Denpasar, para Perwiran Staf dan perwakilan dari DKLH Kota Denpasar serta segenap anggota Lanal Denpasar dengan Juara I Mess Prajurit R. Widianto, Juara II Mess Perwira Halmahera, dan Juara III Mess Transit Samudera.