JAJARAN LANAL MELONGUANE MENGIKUTI DOA KEBANGSAAN DAN KEMANUSIAAN

MELONGUANE (15/52020)  Pada hari Kamis tanggal 15 Mei 2020 Komandan Lanal Melonguane (Danlanal Melongunae) Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr. Hanla bersama seluruh jajarannya mengikuti Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan tersebut dilaksanakan di Mako Lanal Melonguane dengan dipandu tayangan televisi yang disiarkan secara nasional.

Terkait kegiatan tersebut, Danlanal Melonguane menyatakan bahwa ia menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengikuti kegiatan tersebut sebagaimana instruksi dari Danlantamal VIII. Ia menjelaskan bahwa , kegiatan tersebut sangatlah positif karena mendoakan Indonesia bebas dari Covid-19, membangkitkan kepedulian dan kemanusiaan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka termasuk berbagai agama.

Perwira Korps Marinir ini juga berpendapat bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dan perlu diteruskan, bukan hanya saat menghadapi  bencana wabah Covid-19 ini saja, namun juga saat bangsa Indonesia menghadapi berbagai permasalahan atau bencana lainnya.  Selain upaya, memanjatkan doa guna memohon kepada Yang Maha Kuasa adalah hal yang perlu kita lakukan sebagai umat beragama, ia berujar.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa personel di Lanal melonguane juga terdiri dari pemeluk tiga agama, yaitu Islam, Protestan dan Katolik, sehingga pada saat Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan kemarin, walaupun dilaksanakan secara besama-sama, namun pelaksanaannya juga mengikuti/dipandu oleh masing-masing tokoh agama yang ditayangkan oleh televisi. Pelaksanaan Doa Bersama dan Kemanusiaan tersebut nampak khusuk dan khidmat walaupun protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 tetap dilaksanakan, yaitu menggunakan masker dan jarak antara tempat duduk agar berjauhan.