DANLANAL BALIKPAPAN HADIRI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN SHOLAT IDUL FITRI DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI WILAYAH BALIKPAPAN

BALIKPAPAN – Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan merupakan Lanal dibawah jajaran Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan yang berkedudukan di Provinsi Kalimantan Timur. Pagi tadi pukul 10.00 Wita, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Andri Kristianto menghadiri acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri ditengah pandemi Covid-19 di wilayah Balikpapan yang berlangsung di Ruang VIP Kantor Pemerintahan Kota Balikpapan, Sabtu (16/05/20).

Adapun hasil rapat tersebut antara lain, bahwa sesuai dengan anjuran Pemerintah Kota Balikpapan, pelaksanaan Shalat Ied tidak dilaksanakan di lapangan untuk menghindari berkumpulnya masyarakat sehingga pelaksanaan Shalat Ied tetap di rumah, adapun pelaksanaan diluar rumah hanya dilaksanakan di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan namun bagi jamaah berusia lanjut dan ibu serta anak-anak dianjurkan untuk tidak ke masjid mengingat bahwa pelaksanaan shalat harus memberikan jarak antar Jama’ah. Sebelum jama’ah masuk masjid, pihak masjid akan melaksanakan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan Thermo Gun, apabila ada yang suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat celcius, dianjurkan kembali ke rumah. Jika dalam pelaksanaan menuju ketempat Sholat Ied ada yang menggunakan mobil, petugas keamanan akan mengecek jarak penumpang yang ada didalam mobil dan akan memerintahkan untuk kembali jika ditemukan kendaraan yang mengangkut penumpang melebihi batas. Keputusan ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung situasi sampai menjelang pelaksanaan Sholat Ied, sehingga tetap disrankan untuk tetap melaksanakan Sholat Ied di rumah.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Unsur Forkopimda Kota Balikpapan, BINDA Prov. Kaltim Letkol Inf Mat Jayus, Kepala Kantor Kemenag Balikpapan, Ketua MUI Kota Balikpapan, Ketua FKUB Kota Balikpapan, Ketua DMI Kota Balikpapan, Ka Satpol PP Kota Balikpapan, Ka Dinkes Kota Balikpapan, Ka Dinsos Kota Balikpapan, Ka Dishub Kota Balikpapan, Koordinator Wilayah II Binda Kaltim dan para Asisten Pemerintahan Kota Balikpapan.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.