ASOPS DANLANTAMAL VII HADIRI RAKOR PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 WILAYAH PELABUHAN

Lantamal VII Kupang – Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VII mewakili Danlantamal VII menghadiri undangan Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah kerja Pelabuhan Kupang, di Ruang Rapat P2T Kantor KSOP Kelas III Kupang, Jalan Yos Sudarso No.27, Tenau, Kupang, NTT. Jumat (15/05/2020).

Rapat koordinasi antar instansi terkait yang dilakukan dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease (covid-19) di wilayah kerja Pelabuhan Kupang dibuka oleh Kepala KSOP Kelas III Kupang. Rapat koordinasi dilanjutkan dengan diskusi antarpemangku kepentingan pelabuhan untuk menyamakan persepsi/pandangan dan sikap dalam mencegah penyebaran Virus Novel Corona di Pelabuhan Kupang.

Adapun dari diskusi didapatkan kesepakatan antara lain keterbatasan alat rapid test yang tersedia di Kota Kupang harus diantisipasi dengan bijak dan tepat; tetap melaksanakan pembatasan penumpang/pelaku perjalanan melalui transportasi laut kalau tidak urgent; Pelindo III cabang Kupang tidak bisa mendukung semua akomodasi untuk Satgas Covid-19 kecuali akomodasi tempat; Apabila ada indikasi penumpang dalam negeri yang suspect Covid-19 maka akan dirujuk ke RS rujukan terdekat oleh Satgas Covid-19 dengan dikoordinir oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP); Khusus untuk penumpang kapal luar negeri  (WNA) apabila ada yang meninggal saat berlayar di wilayah Indonesia maka tidak diijinkan menurunkan jenazahnya tapi didukung kebutuhannya setelah itu dipersilahkan melanjutkan berlayar ke negara tujuan dan untuk tempat pemakaman yang disiapkan suspect Covid-19 yaitu pemakaman Batucoa Kupang.

Hadir dalam rapat koordinasi : Asops Danlantamal VII, perwakilan Dirpolairud Polda NTT, Kadishub Prov. NTT, Kadishub Kota Kupang, Kadinkes Prov. NTT, Kadinkes Kota Kupang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang, Kantor Bea Cukai Kupang, Kantor Imigrasi Kupang, Polsek Alak, sub sektor KPPP Laut Tenau, Gugus Tugas Covid-19 Prov. NTT, GM Pelindo III Cabang Tenau Kupang dan GM PT ASDP Indonesian Ferry Kupang.

 

/ Dispen Lantamal VII