PERAN AKTIF DENPOMAL LANAL YOGYAKARTA LAKSANAKAN PATROLI GABUNGAN CEGAH PENYEBARAN COVID-19

Lantamal V, (14/5),—

Guna terlaksana dan ditaatinya sosial discasting dan physical discasting oleh warga masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, Detasemen Polisi Militer (Denpomal) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan Patroli Gabungan bersama unsur Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Bantuan Operasional (Banops) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pemprov DIY. Adapun patroli gabungan sampai dengan saat ini telah terlaksana selama 3 pekan terakhir (14/5).

 

Pelaksanaan patroli gabungan Satgas Covid-19 Pemprov DIY dimulai tanggal 24 April 2020 mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.00 setiap harinya, diawali dengan apel bersama bertempat di halaman kantor Satpol PP DIY Jl. Janti No.15, Wonocatur, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul Yogyakarta melibatkan personel gabungan terdiri dari 2 personel Denpomal Lanal Yogyakarta, 7 personel Satpol PP dan 9 personel Banops Satlinmas DIY, selanjutnya menggunakan kendaraan dinas beriringan dengan pengawalan 1 unit mobil kawal Denpomal Lanal Yogyakarta melaksanakan rute patroli secara bergantian di beberapa wilayah DIY, diantaranya menyisir jalan-jalan protokol, pasar-pasar, pertokoan, taman kota, taman budaya serta lokasi-lokasi strategis yang diperkirakan sebagai pusat kerumunan warga.

 

Selama pelaksanaan patroli gabungan, melaksanakan himbauan di sepanjang jalan dengan pengeras suara dari mobil, selain itu juga dengan terjun langsung di lapangan menyampaikan himbauan kepada segenap warga masyarakat DIY untuk bersama-sama ikut berperan dalam upaya melawan dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19, yakni dengan mentaati instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk wajib menggunakan masker dan tidak berkerumun di tempat umum, menjaga jarak aman serta melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro senantiasa memonitor pelaksanaan kegiatan patroli gabungan oleh Denpomal Lanal Yogyakarta menyampaikan apresiasi atas upaya strategis jajaran Denpomal Lanal Yogyakarta dalam peran sertanya membantu unsur Satgas Covid-19 pemprov DIY.

 

“Peran serta Denpomal Lanal Yogyakarta dalam pelaksanaan patroli gabungan bersama Satgas Covid-19 pemprov DIY, merupakan komitmen kita sebagai bagian kekuatan TNI di wilayah DIY untuk mendukung kebijakan pemerintah Presiden Ir. Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M., melaksanakan instruksi Komando Atas Panglima Koarmada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., dan Komandan Lantamal (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., serta perbantuan kepada pemrov DIY”, tegas Danlanal Yogyakarta.

 

Adapun Komandan Denpomal (Dandenpomal) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (PM) Sambudi selaku bagian Sub Satgas Covid-19 pemprov DIY menyampaikan selama kurun waktu 3 pekan terakhir pelaksanaan patroli gabungan oleh personel jajarannya bersama Satgas Covid-19 pemprov DIY terlaksana dengan tertib, lancar dan aman.

 

“Hal pokok mendukung kelancaran tugas bahwa setiap personel Denpomal Lanal Yogyakarta yang terlibat tugas, senantiasa berpedoman dan mengedepankan sikap humanis kepada warga Yogyakarta yang kental dengan nuansa sopan santun dan persaudaraan, peran serta ini akan kita teruskan sampai dengan berakhirnya waktu pelaksanaan patroli gabungan tanggal 29 Mei 2020 mendatang”, ungkap Dandenpomal Lanal Yogyakarta.