Tim SFQR Lanal Sangatta Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam Di Teluk Lombok

TNI AL. Koarmada II, 10 Mei 2020

Tim SFQR Lanal Sangatta yang berada di bawah komando Lantamal XIII Tarakan, jajaran Koarmada II berhasil melakukan penyelamatan atas musibah yang berhasil Wakil Bupati Kutai Timur H. Kasmidi Bulang bersama keluarga saat mancing di Teluk Lombok Sabtu (9/5)

Penyelamatan berawal dari telepon ajudan Wakil Bupati kepada Danposmat Aquatik bahwa kapal yang ditumpangi rombongan, yakni  Speedboat bernama Arkazac dengan mesih 250 PK mengalami kecelakaan laut di perairan Teluk Lombok.

Mewakili Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Osben Naibaho, Pelda Sahlang sebagai Danposmat Aquatik yang mendapat informasi tersebut segera berkoordinasi dengan Danposal Muara Sangatta serta personel jaga Posmat Aquatik untuk melakukan pertolongan.

“Begitu mendapat informasi, kami langsung bergerak melakukan pencarian. Menggunakan dua unit speedboat patroli milik Posal Muara Sangatta dan satu milik Pos Aquatik,” ungkap Sahlang.

Lebih lanjut Sahlang mengatakan,  sekitar dini hari para korban berhasil ditemukan di perairan Teluk Lombok. Speedboat yang ditumpangi Wabup ada dalam posisi tenggelam dan terbalik. Sementara semua penumpang berada di atas lunas speedboat.

“ Kami lakukan evakuasi dengan dua speed  dan semua korban berhasil diselamatkan. Selanjutnya semua korban kami bawa ke dermaga Pertamina di Pantai Teluk Lombok, dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat oleh pihak Polres Kutim,” kata Sahlang.

Dari hasil pemeriksaan diketahui jika speedboat nahas tersebut ditumpangi 10 orang penumpang termasuk salah satunya Wakil Bupati Kutai Timur.

“Dari hasil penggalian informasi dan melihat kondisi kapal, diduga kapal tenggelam karena kebocoran dan lambatnya kru kapal menyalakan pompa pembuangan” ujar Sahlang.

Disisi lain, Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengapresiasi atas kinerja tim SFQR Posal Muara Sangatta dan Posmat Perairan, dalam menanggapi kejadian tersebut.

“Jatuhnya korban jiwa dapat dicegah karena respons yang cepat. Semoga hal ini dapat terus meningkat dan ditiru oleh prajurit lain dalam mendukung tugas Koarmada II,” tegas orang nomor satu di Koarmada II ini.

(Nov / Pen2)