Wujudkan Ketahanan Pangan Hadapi Dampak Covid-19, Lanal Denpasar Budidaya Lele Jenis Sangkuriang

NI AL. Koarmada II, Surabaya 06 Mei 2020.

Dalam rangka mewujudkan program ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar Bali jajaran Koarmada II, bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Denpasar bersinergi memanfaatkan pertanian untuk perikanan ikan lele, Rabu (6/5).

Hal ini disampaikan langsung oleh Danlanal Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, yang didampingi oleh Perwira Staf dan seluruh anggota Lanal Denpasar saat menerima bantuan bibit ikan lele jenis Sangkuriang dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Denpasar.

“Sebanyak 1.160 bibit ikan lele dari Dinas Perikanan langsung disebarkan di kolam yang kita buat, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar daerah Lanal,” ungkap Budiantara.

Ia juga menambahkan, jika menanam ikan lele ini baru pertama kali dicoba sebagai salah satu wujud dari program Peningkatan ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah untuk mengatasi kelangkaan bahan pangan hasil wabah Covid-19. “Bila ini berhasil maka kita akan bagikan untuk anggota Lanal, harus membantu meringankan ekonomi rumah tangga di tengah imbas wabah Covid-19,” tandasnya.

Pihaknya juga akan terus melanjutkan budidaya ikan lele tersebut dan berharap warga mau mencontoh budidaya ikan lele tidak sulit dan tidak memerlukan waktu lama untuk panen.

Budiantara menambahkan kegiatan perluasan ini, tidak lepas dari himbauan Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar satuan TNI AL di tingkat daerah seperti Lanal dan Lantamal di wilayah kerja Koarmada II, mendukung program bantuan keuangan untuk menanggulangi masalah pandemi Covid-19.

(Hdx / Pen2)