Pangkoarmada II Ikuti Video Conference Peresmian Operasional Lanal Ketapang Dan Fasilitas Sarana Prasarana TNI AL

TNI AL. Koarmada II, 06 Mei 2020

Bertempat di Puskodal Koarmada II, Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto mengikuti acara peresmian operasional Pangkalan TNI AL (Lanal) Ketapang dan Fasilitas Sarana Prasarana TNI AL. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kasal, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melalui video conference, pada Rabu (6/5).

Selain Koarmada II, acara peresmian tersebut juga diikuti oleh Kotama TNI AL lainnya yakni Koarmada I, Koarmada III dan Lantamal XII Pontianak. Acara peresmian ini sendiri dilaksanakan dengan menggunakan sarana video conference, mengingat aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Dimana ada aturan yang melarang melibatkan banyak orang dalam suatu kegiatan.

Sementara itu, Kasal dalam sambutannya mengatakan bahwa, pembangunan sarana prasarana di Mako Koarmada III, Lantamal XIII Tarakan dan Lanal Ketapang merupakan upaya pelaksanaan pembangunan fasilitas umum TNI AL akan memperkuat Sistem Armada Terpadu (SSAT) di TNI AL saat ini.

“Selain fasilitas tersebut, tempat kesehatan juga menjadi sangat penting dalam upaya pembangunan sarana dan prasarananya yang berguna bagi kesehatan personel TNI AL, serta fasilitas operasional lainnya dalam mendukung tugas-tugas TNI AL dimasa yang akan datang,” tutur  Laksamana Siwi.

Pada kesempatan tersebut, Panglima, Laksda Heru juga mengucapkan terima kasih atas diresmikannya Dermaga Mambrungan di Lantamal XIII Tarakan, yang termasuk salah satu Lantamal di jajaran Koarmada II.

“Terima kasih atas diresmikannya Dermaga Mambrungan, Lantamal XIII Tarakan, sebagai fasilitas labuh yang telah ditingkatkan kemampuannya, sehingga mendukung unsur-unsur operasi Koarmada II dalam mengamankan Laut Sulawesi, perairan Blok Ambalat hingga Perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia.” Sambut Laksda Heru dengan tegas dan bangga.

Mengakhiri kegiatan peresmian via vicon tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan 10 prasasti peresmian Lanal Ketapang dan fasilitas sarana prasarana TNI AL oleh Kasal, didampingi para pejabat utama Mabesal.

(Ndr/Pen2)