Guskamla Koarmada II Bantu Ringankan Beban Nelayan Dan Masyarakat Pesisir Di Daerah Operasi

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 06 Mei 2020.

Pandemi Covid-19 yang telah menjadi bencana nasional saat ini, menggugah Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada II ikut berperan aktif membantu kondisi masyarakat dan nelayan yang berada di pesisir Sulawesi Selatan, perairan Lombok dan Banyuwangi.

“Tiga daerah tersebut adalah daerah operasi laut  yang menjadi tanggung jawab Guskamla, dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut,” terang Komandan Guskamla Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi, terkait pemberian bantuan sembako oleh para prajuritnya kepada masyarakat dan nelayan di daerah operasi, pada Selasa (5/5).

” Kegiatan ini perlu dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat pesisir dan nelayan, sebagai wujud perhatian dari Pimpinan TNI / TNI-AL di masa pandemi Covid-19, yang dampaknya dirasakan hampir di seluruh pelosok negeri, “ ungkap Rachmad-sapaan karibnya.

Rachmad menjelaskan, bila dalam proses penyaluran bantuan tersebut Guskamla didukung oleh unsur-unsur KRI yang berada di bawah kendali operasi mereka. Salah satunya yakni KRI Layang-635 dari Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II, yang membantu mendistribusikan kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat dan nelayan yang ditemui saat melaksanakan patroli lintas laut di sektor operasi yang sudah ditentukan.

Menurut Rachmad, sebagai salah satu garda terdepan bangsa dan ujung tombak dalam hal pengamanan wilayah laut Indonesia, Guskamla memiliki kewajiban untuk membantu meringankan beban perekonomian dan kesulitan rakyat di sekelilingnya, sebagai salah satu tugas dibidang potensi kemaritiman dan juga sebagai salah satu bentuk operasi militer selain perang (OMSP) pada tahap Penangkalan yaitu Pemberiaan Bantuan Kemanusiaan.

“ Hal ini sesuai dengan penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto terhadap seluruh unsur dan jajaran Koarmada II, untuk berperan aktif membantu pemerintah Indonesia dalam mengatasi kesulitan rakyat akibat wabah Covid-19,” pungkas Rachmad.

(Hdx/Pen2).