PASPOTMAR LANAL MAUMERE KOMSOSMAR DI PELRA MAUMERE NTT

Lanal Maumere – Staf Potensi Maritim (Spotmar) Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere yang mempunyai wilayah kerja yang mencakup Flores, Lembata dan Alor yang didalamnya meliputi unsur maritim atau perairan menjadi tantangan tersendiri bagi Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Maumere Lettu Laut (E) Pujiono, untuk menggali potensi serta sumber daya alam (SDA) khususnya masyarakat nelayan dan pesisir pantai serta pengelola jasa kemaritiman.

Untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat nelayan, pekerja kapal, para ABK dan Nahkoda Kapal yang berada diwilayah kerja Lanal Maumere, maka Paspotmar Lanal Maumere melakukan kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) sebagai salah satu wadah komunikasi intens, saling berbagi serta bertukar informasi, di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Wuring Maumere, NTT. Rabu (29/04/2020).

 

Kegiatan Komsosmar tersebut untuk memberikan himbauan dan pengertian kepada para nahkoda maupun ABK kapal agar tetap memperhatikan keselamatan kerja, khususnya terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 yang saat ini sedang mewabah diseluruh dunia. Agar para nahkoda kapal dalam beraktifitas tetap menggunakan masker dan menjaga pola hidup bersih. Selain itu ditekankan juga jangan sampai kapal – kapal barang yang membawa sembako dalam pelayaran membawa penumpang gelap yang tidak terdaftar di crew list. Hal tersebut untuk menghindari keluar masuknya perantau yang ingin mudik ke kampungnya secara ilegal karena adanya kebijakan Lockdown dari Pemerintah, dimana saat ini sarana yang bisa keluar masuk hanya lewat laut (kapal) khusus angkutan barang dan logistik dan untuk penerbangan pesawat penumpang umum ditiadakan sementara waktu guna memutus mata rantai covid-19.

 

/ Dispen Lantamal VII