WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN AKIBAT DAMPAK COVID-19, LANAL SANGATTA UBAH LAHAN KOSONG JADI PRODUKTIF

TNI AL. Koarmada II, 27 April 2020

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan ditengah merebaknya virus corona (covid-19) yang menjadi pandemi global,  Lanal Sangatta di bawah jajaran Koarmada II , telah berhasil menyulap lahan kosong disekitar markas mereka menjadi lahan produktif, pada Minggu (26/04).

Upaya itu dilakukan sebagai langkah mengembangkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong , agar dapat dimanfaatkan bagi para prajurit mupun masyarakat yang tinggal di sekitar sebagai bahan pangan mengantisipasi dampak Covid-19 yang dikhawatirkan akan berlangsung lama.

Menurut Danlanal Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho, program ketahanan pangan ini rencananya  akan disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka juga bisa mengembangkannya di lingkungan tempat tinggal.

Sementara itu lahan kosong yang tersedia dimanfaatkan prajurit Lanal antara lain untuk menanam tanaman palawija, seperti jagung, tomat, sayur-sayuran, nanas, ubi jalar, kacang panjang, pisang, pepaya mangga dan durian. Disamping itu juga ada kegiatan lain, yakni budi daya ikan lele.

“Hal ini merupakan langkah strategis dalam menghadapi antisipasi covid-19 apabila berkepanjangan, karena merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait kecenderungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat, sementara daya beli masyarakat mengalami penurunan. Harapannya 2 atau 3 bulan kedepan hasil penanaman tersebut sudah bisa dipanen dan dinikmati,“ ujar Letkol Osben.

Osben mengatakan jika program ketahanan pangan termasuk upaya yang ditekankan oleh Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, kepada seluruh unsur dan jajaran Koarmada II sebagai wujud peran aktif membantu pemerintah menanggulangi wabah Covid-19 serta dampaknya bagi rakyat Indonesia.

(Ndr/Pen2)