PANGLIMA KOARMADA II HADIRI SOSIALISASI PENETAPAN PSBB OLEH GUBERNUR JATIM DI GEDUNG GRAHADI

TNI AL. Koarmada II, 27 April 2020

Jelang diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik pada Selasa (28/4) besok, Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto ikut hadir mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat konferensi pers tentang sosialisasi penetapan PSBB yang digelar di Gedung Negara Grahadi, pada Minggu (26/4) sore.

Gubernur Khofifah mengungkapkan jika pelaksanaan PSBB di tiga kota besar tersebut bertujuan menurunkan morbiditas case informasi, PDP, dan ODP. Juga menurunkan mortalitas serta meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat Jawa Timur.

“Hari ini 785 pasien yang sudah konfirmasi positif, dari 785 saat ini dirawat 557,” ujar Khofifah Indar Parawansa.

Berdasarkan data persebaran COVID-19 di Jatim, penambahan terbanyak kali ini dari Lumajang dan Kediri. Kedua kabupaten ini masing-masing menyumbang empat kasus baru. Kemudian Tulungagung bertambah dua kasus, serta Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto Trenggalek, Lamongan, Kota Malang dan Pacitan masing-masing satu kasus baru.

Sementara itu pasien sembuh juga bertambah sebanyak dua orang. Keduanya dari Surabaya. Kini total pasien sembuh di Jatim mencapai 140 orang atau setara 17,83 persen. Dua orang meninggal dunia asal Surabaya.

Dalam kesempatan itu Khofifah juga menyoroti tentang keselarasaran aturan PSBB di tiga daerah yang akan menerapkannya. Ia berharap ketiganya kompak dalam menerapkan aturan agar pelaksanaannnya sinkron, seiring, dan terpadu.

“Kalau satu daerah memberlakukan, katakan (aturan) ojol tidak boleh membawa penumpang, maka dua daer

Disisi lain Panglima Laksda Heru mengatakan bahwa Koarmada II siap mendukung penerapan PSBB demi mencegah meluasnya penularan virus Covid-19 di Jatim.

“Koarmada II siap mendukung pelaksanaan PSBB di Surabaya, Sidoarjo maupun Gresik, khususnya memperkuat sektor pengamanan serta penertiban, bersama personel dari Kodam V/Brw, Polda Jatim beserta jajaran dan aparat lain. Kita juga akan bantu sosialisasi tentang PSBB kepada prajurit dan PNS Koarmada II beserta keluarganya, “ ujar Laksda Heru.

(Nov/Pen2)