KRI FATAHILLAH 361 DISERBU NELAYAN DAN MASYARAKAT PESISIR KOTABARU

KOTABARU – Ditengah pandemi wabah Covid-19 yang menimbulkan dampak ekonomi terutama bagi masyarakat kecil, nelayan dan warga pesisir. KRI Fatahillah-361 Corvette Class yang kini sedang lego jangkar di perairan Kotabaru dalam rangka Operasi Tombak Sakti BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II diserbu para nelayan dan warga masyarakat pesisir.

Hal menarik dari pandangan media, masyarakat antusias datang ke KRI Fatahillah-361 yang bermarkas di Koarmada II Surabaya. Bupati dan Forkopimda Kotabaru ikut melaut bersama membagikan sembako kepada masyarakat nelayan dan pesisir Kotabaru di geladak KRI, minggu (26/04/20).

Dampak wabah virus Covid-19 sangat terasa bagi perekonomian seluruh lapisan masyarakat terlebih masyarakat yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata, akibat dari situasi negara saat ini. “Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., memerintahkan unsur KRI Fatahillah-361 bersama Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru yang merupakan Lanal jajaran Lantamal XIII agar dapat hadir ditengah-tengah masyarakat nelayan dan pesisir untuk memberikan bantuan bagi yang membutuhkan”, jelas Komandan KRI FTH-361 Letkol Laut (P) Agus Setyawan S.H.

Disisi lain, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, S.T., juga menjelaskan, “dengan situasi seperti ini, TNI khususnya TNI AL memiliki kewajiban untuk membantu kesulitan rakyat sekelilingnya, hal ini merupakan bagian dari bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Lanal Kotabaru bersama KRI FTH-361 dan Bupati serta Forkopimda Kotabaru bersinergi untuk membantu kesulitan masyarakat”.

H. Sayed Jafar Al Idrus selaku Bupati Kotabaru mewakili warga masyarakat Kotabaru, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan TNI AL yakni Pangkoarmada II yang telah memberikan perhatian khusus kepada nelayan dan masyarakat pesisir Kotabaru, “dampak virus Covid-19 sangat terasa dikalangan masyarakat kecil, dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Komandan KRI FTH-361 dan Komandan Lanal Kotabaru, kita semua dapat berbagi dan membantu masyarakat yang kita cintai ini.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.