KAL WELING IKUT TIM SAR GABUNGAN, CARI ORANG HILANG DI PERAIRAN OELFATU KUPANG

Lantamal VII Kupang – Kal Weling ikut membantu pelaksanaan Operasi SAR Gabungan terhadap 1 (Satu) orang hilang saat mencari ikan di laut menggunakan sampan di Perairan Desa Oelfatu, Kec. Amfoang Barat Laut, Kab. Kupang, Prov. NTT. Minggu (26/04/2020).

Adapun identitas korban hilang atas nama Fiktor Imanuel Nofus (Laki-laki, 38 Th, Petani) warga asal Desa Oelfatu, Kec. Amfoang Barat Laut, Kab. Kupang. Yang dinyatakan hilang saat memancing bersama dengan dua orang temannya pada hari Jumat (24/3) di perairan Desa Oelfatu, Kecamatan Amfoang Barat Laut. Korban menggunakan satu sampan dan dua temannya menggunakan sampan yg berbeda, kedua temannya mendahului korban dengan jarak awal tidak berjauhan, lama kelamaan korban tertinggal. Keesokan harinya saat kedua temannya pulang dan tidak melihat korban, mereka mencoba mencari di sekitar lokasi pancing korban namun tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. Kemudian teman korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib.

Setelah menerima informasi Kantor Pencarian dan Pertolongan  mengirimkan personel dan materialnya ke lokasi kejadian untuk melaksanakan pencarian terhadap korban. Hingga hari Sabtu (25/4) kemarin Tim SAR Gabungan yang dibantu masyarakat setempat melaksanakan aksi pencarian tetapi korban belum juga ditemukan.

Pencarian hari kedua Minggu (26/4) dilanjutkan dengan Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 4 regu pencarian. Satu (1) regu darat melaksanakan penyisiran sepanjang pantai sedangkan tiga (3) regu  laut terdiri dari Kal Weling, KN SAR 233 Kupang dan Sekoci KN SAR 233 Kupang melaksanan pencarian sesuai sektor yang telah ditentukan saat briefing pencarian oleh OSC.

Kemudian pada pukul 10.21 Wita Korban berhasil ditemukan Pada Posisi 09°29’11″S – 123°48’45.02″E dalam keadaan MD (Meninggal Dunia).  Selanjutnya Korban diserahkan kepada Pihak Keluarga di Desa Oelfatu Kec. Amfoang Barat Laut Kab. Kupang Prov. NTT.

Unsur SAR Gabungan yg terlibat : KAL Weling, KN Antareja, personel SAR dari BPBD Kab. Kupang, personel Polsek Naikliu, potensi SAR Kab. Kupang, Keluarga dan Masyarakat Desa Oelfatu setempat.

 

/ Dispen Lantamal VII