DISKES LANTAMAL V TERIMA PENYALURAN APD DARI BPBD JATIM

DISKES LANTAMAL V TERIMA PENYALURAN APD DARI BPBD JATIM

Lantamal V, (25/4),—

Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V menerima penyaluran donasi berupa Alat Perlindungan diri (APD) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur yang dihelat di Lobby Grahadi  Jl. Gubernur Suryo Surabaya, Jumat Siang (24/4).

10 item APB tersebut diserahkan Kepala Seksi Logistik BPBD Provinsi Jawa Timur Bige Agus Wahjuono, S.E., yang di terima langsung oleh Kadiskes Lantamal V drg. Bima Pramundita.

Dari ke10 item APD tersebut yakni Masker Bestmed 2000 Pcs, Masker N-95   60 Pcs, Disinfektan 40 Ltr merk Etik Alkohol,  Sarung Tangan Karet / Latex (Pendek) 200 Pcs, Pakaian Hazmat  Merk Spoonbond (dai multi bintang) 200 Pcs,    Face Shield Tanpa Merk 40 Pcs, Kacamata / Safety Goggles 40 Pcs, Termometer / Thermometer Gun FLUS Infrared Contact 2 Unit, Power Sprayer Red Fox – 18 EM 2 Unit serta Sabun Cair NUVO 20 Ltr.

BPBD Jatim/Satgas Covid19 Provinsi JATIM memberikan Donasi berupa APD  ke Diskes Lantamal V Surabaya dalam rangka pencegahan dan penanganan wabah pandemi Covid19 di wilayah Lantamal V Surabaya, tidak menutup kemungkinan rumah Sakit yang berada di Lantamal V akan dijadikan salah satu rumah Sakit rujukan pasien covid-19 untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya, terang Kepala Pelaksana BPBD Jatim  Suban Wahyudiyono.

Suban pun sangat welcome terhadap kerjasama yang aktif dari Lantamal V dalam ikut bersama menangani wabah Covid19 ini di Jatim.

Selain ucapkan terimakasih yang disampaikan, Kadiskes  pun juga mengutarakan bahwa Rumkit atau rumah Sakit jajaran Lantamal V tetap memberikan Pelayanan Kesehatan secara selektif kepada warga yang memerlukan yankes atau pelayanan kesehatan dengan memberikan perlindungan APD kepada para tenaga medis sesuai SOP.

Selain pokus menangani masalah covid-19, masih banyak penyakit lainnya yang menjadi perhatian dari petugas kesehatan kami seperti DBD, batuk pilek, typhus, trauma luka, penyakit ISPA, dan lainnya semua itu kita layani baik anggota TNI maupun warga umumnya secara selektif dan profesional.

Dinas Kesehatan Lantamal V tambahnya, memiliki 18 fasilitas layanan kesehatan masyarakat yang tersebar di wilayah Jawatimur, dan 5 faskes di provinsi Jawatengah dan Bali.

Selain itu drg. Bima pun menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Diskes LANTAMAL V Akan memberikan pelatihan khusus tentang SOP Pemulasaraan Jenasah  Covid-19 secara medis dan fikih-nya. Ini dalam pelaksanaannya akan Bekerjasama dengan Tim dari RSUD Soetomo/Satgas Covid19 Jatim dan PW.NU. Jatim.

Pelatihan ini nantinya akan mendatangkan narasumber yang kompetibel di bidangnya dan peserta pelatihan mendapatkan sertifikat Khusus. Yang nantinya bisa diikuti oleh RS/institusi yang memerlukannya. Ia pun tidak lupa menyampaikan  hasil pertemuan di Grahadi dengan Dr. Joni Dir. RSUD Soetomo sebagai Ketua Gugus Kuratif Satgas Covid19 Jatim, terkait dengan status dan kesiapan RS Darurat Covid19 dr. Soekantyo Jahja sebagai Rumah Sakit Rujukan, pungkasnya.