Satgaspam Covid-19 Lanal Denpasar Kawal Pemeriksaan Kesehatan Ratusan Pekerja Migran Indonesia

TNI AL.Koarmada II, 21 April 2020

 

Satgas Pengamanan Covid-19 Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V Surabaya yang termasuk dalam jajaran Koarmada II, membantu mengawal dan mengamankan proses pemeriksaan kesehatan terhadap 811 Pekerja Migran Indonesia atau PMI, yang baru saja tiba di Pelabuhan Tanjung Benoa.

 

Menurut Dansatgaspam Covid-19 Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, timnya bersama unsur Pomal, unsur laut dan tim kesehatan Lanal Denpasar selama empat hari berturut-turut yakni dari tanggal 16 – 19 April 2020 lalu, membantu tim satgas penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali memeriksa ke-811 PMI yang tiba secara estafet di Bali menggunakan empat kapal pesiar yakni MV. Voyeger Of The Seas, MV. Azamara Journey, MV. Spectrum Of The Seas , dan MV. Ovation Of The Seas.

 

 

Aksi pengawalan dan pengamanan tersebut mendapat apresiasi tinggi dari Danlanal Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, saat ditemui di Mako Lanal Denpasar, pada Senin (20/4). Danlanal mengucapkan terima kasih atas kinerja tim satgas yang telah bekerja tanpa mengenal lelah, demi kelancaran proses pengecekan kesehatan dan evakuasi para pekerja migran.

 

 

Sementara itu menurut Dansatgaspam Mayor Bondan, dukungan yang diberikan sebatas untuk kelancaran proses evakuasi maupun pemeriksaan agar para imigran cepat diketahui kondisi kesehatannya, begitu pula dengan proses penanggulangannya melalui pengecekan suhu tubuh dan rapid test Covid-19 .

 

 

“Sesuai kesepakatan dengan kabupaten/kota di Bali, mereka yang negatif akan menjalani karantina di daerahnya. Sementara yang positif akan ditangani oleh Pemprov Bali,” ujar Bondan.

 

 

(Nov/Pen2)