Dukung Ketahanan Pangan, Lantamal VI Sulap Lahan Tidur Jadi Produktif

TNI AL. Koarmada 2, 20 April 2020

Untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai antisipasi dampak Covid-19, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar, sebagai salah satu jajaran Koarmada II, berhasil menyulap lahan tidur menjadi lahan produktif.

Hal tersebut dilakukan oleh prajurit Satuan Patroli (Satrol) Lantamal VI, dengan menyulap lahan disekitar gedung Satrol dan sekitar Kompleks TNI AL Dewa Kembar yang semula ditumbuhi rumput ilalang diubah menjadi lahan budidaya tanaman pangan, Sabtu (18/04/2020).

Saat melihat lahan produktif tersebut, Komandan Satrol Makassar, Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y. Siagian langsung memberi apresiasi positif atas usaha anggotanya dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan bercocok tanam.

“Mengalihfungsikan lahan yang tadinya menganggur menjadi lahan produktif sebagai aksi nyata dalam mendukung program ketahanan pangan, yang memberi nilai tambah secara ekonomi yang bisa diperoleh di kemudian hari, “ujar Victor, sapaan karibnya.

Victor menambahkan jika gerakan ketahanan pangan yang sedang digalakan ini, tidak lepas dari anjuran yang disampaikan oleh Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, bahwa seluruh jajaran Koarmada II harus mendukung program pemerintah yang digulirkan sebagai upaya mengantisipasi dampak dari pencegahan penyebaran virus Covid-19

Sementara itu tanaman pangan yang dibudidayakan diantaranya pepaya, singkong, terong dan Lombok, kacang serta tanaman obat-obatan seperti Jahe, kunyit, lengkuas dan sere, dan juga budidaya ikan air tawar yakni lele.

(Nov/Pen2)