CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DI KALTARA DANLANTAMAL XIII SAKSIKAN PENERAPAN SCREENING KESEHATAN DI BANDARA JUWATA

TARAKAN – Menyikapi pandemik Covid-19 di tanah air, pemerintah terus berupaya melaksanakan pencegahan dengan berbagai cara. Minggu pagi tadi (19/04/20) pukul 09.20 Wita Komandan Lantamal XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. menyaksikan simulasi screening kesehatan terhadap pengguna moda transportasi udara yang dilaksanakan oleh Tim dari Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Tarakan bertempat di Terminal Kedatangan Bandara Umum Internasional Juwata, Jl. Mulawarman, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam pelaksanaan teknis dilapangan disimulasikan bahwa penumpang yang baru tiba di Bandara Umum Internasional Juwata dilaksanakan pendataan oleh KKP dan selanjutnya diarahkan untuk menuju bus yang telah disediakan oleh Pemkot Tarakan. Kemudian rombongan yang di ilustrasikan sebagai Tim Labkesda Tarakan bergerak menuju bandara lama untuk melaksanakan screening kesehatan terhadap para penumpang yang baru tiba dari luar Tarakan untuk diketahui kondisi kesehatannya. Jika dalam pemeriksaan diketahui ada yang diketemukan tanda-tanda Covid-19 maka akan lansung mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh petugas terkait.

Kegiatan yang bertujuan untuk memutus mata rantai perkembangan Covid-19 di Kota Tarakan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Tarakan, Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) M. Yasser, S.Si., M.Sc., Apt., Jubir Covid-19 Tarakan dr. Devi, Kepala Kesehatan Pelabuhan Bapak Ahmad Hidayat, BPBD Kota Tarakan Ahmady B., Ka. Dinkes Tarakan dr. Witoyo.

Dispen Lantamal III, Koarmada II.