Pangkoarmada II Apresiasi Peserta Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 17 April 2020.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto memberikan apresiasi terhadap kinerja prajurit yang terlibat dalam Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 di Koarmada II. Apresiasi tersebut disampaikan Panglima dalam kaji ulang dan briefing akhir sekaligus acara penutupan, yang dilaksanakan di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) pada Jumat (17/4).

“Latihan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kita dalam upaya menghadapi Kontinjensi di wilayah Koarmada II yang pada akhirnya dapat kita jadikan pedoman dalam penyusunan standar operasi dan prosedur untuk penanganan dampak covid-19 sehingga kegiatan penanganan dampak covid-19 akan lebih terencana, terpadu, komprehensif dan aplikatif, “ ujar Heru.

“Sehingga diharapkan dapat tercipta kesamaan persepsi dan pola tindak dalam menghadapi kemungkinan timbulnya kontijensi di lingkungan Koarmada II, yang dapat diaplikasikan saat mendukung pemerintah menanggulangi Covid-19,” sambung Heru.

Latihan penangulangan dampak Covid-19 di Koarmada II resmi ditutup, setelah sebelumnya Kamis (16/4) para peserta melaksanakan manuver lapangan, yang melibatkan KRI Makassar-590, Heli Bell, KAL Katon dan LCU Divisi Pantai.

Protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, menjadi perhatian utama selama pelaksanaan latihan berlangsung guna mencegah penularan Covid-19, salah satunya dengan penyediaan bilik disinfektan.

Dalam acara tersebut, Dansatfib Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) berkesempatan menyerahkan sebuah buku konsep buku panduan kepada Panglima, tentang penanggulangan dampak wabah Covid-19 di wilayah Koarmada II.

 (Hdx/Pen2).