DANLANTAMAL VII PANEN JAGUNG, TERONG DAN IKAN LELE DI LAHAN KETAHANAN PANGAN

 

Lantamal VII Kupang – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa melakukan panen jagung, terong dan ikan lele yang merupakan hasil penanaman dan budidaya dari anggota Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal VII, di lahan ketahanan pangan Lantamal VII dengan luas 3.000 m2 di Komplek TNI AL Osmok, Jl. Yos Sudarso No.5, Namosain, Kupang, NTT. Jumat (17/04/2020).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG Kompiang Aribawa saat memulai panen menyatakan, “Sebelumnya ini merupakan lahan kosong berbatu karang. Sebelum digarap oleh anggota Dispotmar Lantamal VII lahan itu ditanami sayur-sayuran secara terbatas oleh petani dari sekitar kompleks TNI AL. Namun dengan adanya pekembangan situasi lahan tersebut kemudian diambil alih oleh Lantamal VII untuk dijadikan sentra lahan pertanian hortikultura dan budidaya ikan lele guna mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Dan pada hari ini, bekas lahan kosong ini kita bisa melakukan panen dari tanaman jagung dan terong yang mulai di tanam sejak 70 hari lalu serta ikan lele,”.

“Selain tanaman jagung, terong dan ikan lele, masih ada sebagian lahan yang digarap oleh anggota Dispotmar Lantamal VII menjadi kebun sayur-sayuran seperti bayam, cabe, tomat, sawi, kangkung, kacang panjang dan untuk ternak kambing,” katanya.

Setelah pelaksanaan kegiatan panen tersebut untuk lahan bekas tanaman jagung dan terong akan di olah lagi dan gunakan untuk penanaman tanaman jagung, singkong atau ubi kayu dan ubi jalar.

Hadir dalam kegiatan panen tersebut Danlantamal VII, Kasatker Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, perwakilan Jalasenastri Pengurus Korcab VII Kasi Ekonomi dan Kasi Budaya dan prajurit Lantamal VII.

/ Dispen Lantamal VII