TERINDIKASI VIRUS COVID-19 ABK KAL KEMBANG DIEVAKUASI

Lantamal VII Kupang – Dipimpin langsung oleh Papelat Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19 Lantamal VII Tahun 2020 Letkol Laut (K) M. Haris Benu, A.M.Ft., S.K.M., M.Kes melaksanakan praktek Lapangan Evakuasi Medis Pasien Covid-19 di Laut. Kamis (16/04/2020).

Sebelum dimulai latihan lapangan, Papelat melaksanakan Briefing terlebih dahulu bersama Tim Satgas Covid-19 Lantamal VII tentang teknis simulasi pelaksanaan latihan, yang dimana berdasarkan skenario yang disusun yaitu terdapat laporan bahwa salah satu Prajurit Kal Kembang yang sedang berada di laut menunjukkan gejala-gejala infeksi Covid-19.

“Setelah mendengar laporan tersebut, Tim Screening Satgas Covid- 19 langsung bergerak menuju lokasi kapal tersebut berada dengan perahu karet, kemudian setelah memastikan ABK tersebut benar terindikasi Covid-19, Tim screening menghubungi Puskodal untuk segera di laksanakan Evakuasi”, ujarnya.

“Untuk selanjutnya Puskodal Lantamal VII memerintahkan Tim Siaga Satgas Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap untuk melaksanakan Evakuasi ke KAL tersebut melalui laut, dan selanjutnya memerintahkan Komandan KAL Kembang untuk tidak merapat ke dermaga dan melaksanakan Karantina selama  12 hari”, tambahnya.

Ketika proses evakuasi laut selesai selanjutnya pasien tersebut langsung dievakuasi ke Fasilitas Kesehatan yang ada di Kupang, untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Asops Danlantamal VII selaku Dansatgas Pencegahan Covid -19 Kolonel Laut (P) Pilipus Sri Suharto, M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa melalui latihan ini, Satgas Covid-19 Lantamal VII diuji kesiapannya sehingga sewaktu-waktu apabila dibutuhkan bantuannya oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT, para personel sudah siap dan sudah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai SOP dan Protokol Kesehatan yang telah diatur.

Turut hadir dalam kegiatan latihan tersebut, Wadan Lantamal VII, Asintel Danlantamal VII Asops Danlantamal VII, Aspotmar Danlantamal VII, Kadiskes Lantamal VII, Paban Ops Sops Lantamal VII.

 

/ Dispen Lantamal VII