Himbauan Lantamal VI Cegah Penyebaran Covid-19 “Jangan Pulang Kampung” Viral Di Medsos

Makassar, Himbauan tentang “Jangan Pulang Kampung” dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang dibuat oleh Lantamal VI sukses menjadi Viral di berbagai macam Media Sosial (Medsos), Kamis (16/04/2020).

Himbauan yang dibuat dengan menggunakan bahasa daerah Bugis dan Makassar tersebut berhasil disebarkan ke berbagai medsos yang sering digunakan oleh masyarakat dalam berkomunikasi serta berbagi informasi dengan memakai fasilitas internet seperti Whatsaap, Instagram, Facebook dan lain-lainnya.

Menurut Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo mengatakan himbauan tersebut antara lain menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Sulawesi Selatan baik yang berada di perantauan ataupun di Kota Makasar dan kota-kota lainnya untuk menunda dulu rencana pulang ke kampung halamannya demi mencegah meluasnya penyebaran virus Corona ke daerah lainnya.

“Selain himbauan untuk menunda mudik, di dalam isi himbauan tersebut juga menganjurkan untuk masyarakat rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak (Physical Distancing), perbanyak makanan yang bergizi dan minum vitamin, apabila kangen dengan keluarga di daerah bisa menggunakan fasilitas Video Call serta apabila merasakan gejala seperti terserang Virus Corona dengan ciri-ciri demam, batuk-batuk, mual dan muntah, segera memeriksakan diri ke rumah sakit secepatnya”, ujarnya.

” Untuk penyampaiannya, kami buat dalam dua versi bahasa yaitu Bugis dan Makassar dilengkapi terjemahannya dalam bahasa Indonesia dalam bentuk running text dengan tujuan agar dapat lebih dimengerti dan dipahami oleh masyarakat kota Makassar termasuk yang tinggal di luar kota Makassar atau di perantauan”, tambahnya.

Kadispen Lantamal VI juga mengungkapkan bahwa himbauan ini juga disiarkan di stasiun RRI Makassar dan beberapa kelurahan di kota Makassar.