WADAN LANTAMAL XIII RESMI METUTUP LATIHAN PENANGGULANGAN WABAH COVID-19 DI WILAYAH LANTAMAL XIII TA. 2020

TARAKAN – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Wadan Lantamal XIII) Tarakan Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E. selaku Wakil Pimpinan Latihan pada hari ini, Rabu (15/04/20) secara resmi menutup kegiatan Latihan Penanggulangan Wabah Covid-19 di Wilayah Lantamal XIII yang berlangsung di Lapangan Futsal Markas Komando (Mako) Lantamal XIII, Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Sebelum acara latihan resmi ditutup, Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XIII Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto, S.T. selaku Dansubsatgas Penanggulangan Covid-19 Lantamal XIII menyampaikan kaji ulang kepada para prajurit dan PNS selaku peserta latihan terkait pelaksanaan latihan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 8 April 2020. Drill latihan tersebut bertujuan untuk mengecek kemampuan kesiapsiagaan prajurit Lantamal XIII, khususnya Tim Medis Gerak Cepat (TGC) dalam menangani personel yang terindikasi Covid-19, akan tetapi yang paling penting adalah pelaksanaan dilapangan apabila dihadapkan dengan kondisi darurat dengan tetap memperhatikan kebijakan pemerintah mengenai protokol tindak pencegahan Covid-19, sehingga diharapkan dapat meminimalisir dan memutus mata rantai perkembangan Covid-19 dilingkungan Lantamal XIII. Pada kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik sehingga latihan dapat berjalan lancar. “pesan saya, tetap jaga kesehatan dan apabila benar-benar terjadi keadaan darurat, apa yang sudah didrillkan supaya bisa dilaksanakan. Kita tetap berharap, semoga hal tersebut tidak terjadi di Tarakan khususnya keluarga besar Lantamal XIII” imbuhnya.

Usai penyampaian kaji ulang dari Dansubsatgas dilanjutkan kaji ulang oleh Kadiskes Lantamal XIII Letkol Laut (K) M. Yasser, S.Si., M.Sc., Apt. Selaku Wadansubsatgas mengenai Standard Operasional Prosedur (SOP) penanganan personel yang terindikasi Covid-19 di KRI maupun yang terjadi dilingkungan keluarga prajurit Lantamal XIII serta penyampaian hasil penilaian latihan oleh Katim penilai yang disampaikan oleh Pabanren Sops Lantamal XIII Mayor Laut (P) Eko Puji Kusumawanto, S. Sos., sedangkan acara yang terakhir adalah briefing akhir oleh Wadan Lantamal XIII.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Danlantamal XIII, para Kadis/Kasatker Lantamal XIII, para prajurit dan PNS peserta latihan penanggulangaan wabah covid-19 di wilayah Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.