TIM SUB SATGAS COVID-19 LANTAMAL V TERIMA PEMBEKALAN CARA PENANGGULANGAN COVID-19

     TIM SUB SATGAS COVID-19 LANTAMAL V TERIMA PEMBEKALAN CARA PENANGGULANGAN COVID-19

Lantamal V, 14 April 2020,—

Setelah sehari sebelumnya Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut  (Lantamal) V Laksma TNI Tedjo Sukmono, CHRMP., secara resmi membuka  Pelatihan Penanggulangan Dampak penanggulangan Wabah Covid-19 Tahun 2020 yang di helat di depan  Ruang Fitness Lantamal V, di hari kedua para peserta pelatihan menerima pembekalan pengetahuan tentang Covid-19 yang disampaikan oleh beberapa nara sumber baik yang berasal dari Dinas Kesehatan Lantamal V sendiri maupun dari Dinas Kesehatan Koarmada II, dan dari Pemprov Jatim, Selasa (14/4).

Dalam pelatihan pagi ini yaitu di hari kedua, Tim Penanggulangan Dampak Covid-19 Lantamal V disesi pertama menerima pembekalan yang disampaikan oleh dr. Pipit yang kesehariannya berdinas di Diskes Lantamal V dengan materi Penanggulangan Covid-19,

Dalam pembekalannya dr. Pipit menyampaikan tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Lebih jauh lanjutnya, perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup bersih dan Sehat  melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat. 

Disamping itu ungkapnya, manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Dengan upaya hidup sehat insya Allah kita akan jauh dari penyakit termasuk paparan Covid-19, terangnya.

Kemudian dilanjutkan sesi kedua pembekalan tentang Pelibatan TNI-AL dalam Menangani Covid-19 yang disampaikan oleh Kapten Hengky dari Dinas Kesehatan Koarmada II.

Dan di sesi ketiga Tim Pelatihan  menerima pembekalan dari Bapak Ivan yang berdinas di BPBD Pemprov Jatim dengan membawakan materi tentang Lockdown.

 

Hadir dalam acara pelatihan ini Mayor Laut (P) Sandra YW., Mayor Laut (P) Saiful, Mayor Laut (P) Ali, Mayor Laut (P) G. Wardoyo, Kapten Laut (P) Darmo dan Para Peserta Latihan Covid-19. seluruh peserta Tim Penanggulangan dampak Covid-19 Tahun 2020 Lantamal V.