Libur Panjang, Panglima Brief Seluruh Perwira Jaga KRI dan Pendirat/Kesatrian di Koarmada II

TNI AL, Koarmada II Surabaya, Minggu 12 April 2020.

 

Di tengah libur panjang hari Raya Paskah, Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) untuk memeriksa kondisi penjagaan dan situasi keamanan DBAL (Daerah Basis Angkatan Laut).

 

Menurut Panglima, Laksda TNI Heru, kedatangannya di hari Sabtu pagi (11/4) kemarin untuk memastikan bahwa seluruh personil jaga tetap siaga dan waspada.

 

“Saya ingin melihat langsung, bagaimana kesiagaan dan kewaspadaan prajurit yang jaga atau dinas di Koarmada II pada hari libur panjang ini. Apalagi di tengah situasi merebaknya wabah Covid-19 yang mengharuskan semua orang tetap di rumah dan diberlakukannya Minimum Effective Personnel, yang mungkin dapat membuat para prajurit turun kewaspadaannya, atau menganggap tugas jaga sebagai rutinitas, seolah tidak akan terjadi hal-hal yang berbahaya,” ungkap orang nomor satu di Koarmada II ini.

 

“Perwira Jaga harus melaksanakan kontrol, patroli dan pengawasan ketat terhadap anggotanya, jangan sampai terlena, lengah/lalai ataupun ceroboh, sehingga terjadi kebakaran, kebocoran bahkan pencurian maupun penerobosan penjagaan dari orang yang tidak dikenal,” ujar Laksda Heru.

 

Sekitar 66 perwira jaga KRI dan Kesatrian dikumpulkan di Gedung Indoor Sport, menerima langsung pengarahan dan arahan khusus hari libur sebagai penekanan Panglima untuk dilaksanakan. Dan pada akhir pengarahan, Panglima mengucapkan terima kasih kepada semua prajurit yang sampai hari tersebut dalam keadaan sehat walafiat serta penuh semangat dalam mengemban tugas. Ungkapan rasa terima kasih tersebut diwujudkan dengan menyiapkan makan siang bagi semua anggota jaga.

 

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf, Asops, Asintel Pangkoarmada II, Komandan Satkat, Satsel dan Perwira Dinas Koarmada II.

 

Dan pada hari Minggu ini (12/4) pukul 11.00 WIB, Perwira Dinas Koarmada II kembali mengumpulkan seluruh perwira jaga dan menyampaikan arahan khusus Panglima untuk diaksi sesuai lingkup tanggung jawabnya dan harus dilaporkan pelaksanaannya.