Jelang Malam Nisfu Sya’ban, Panglima Armada II Hadiri Istighosah Kubro Online Lawan Wabah Covid-19

TNI AL.Koarmada II, 9 April 2020

Memperingati  malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada (8/4) tadi malam,  Panglima Armada II Laksda TNI Heru Kusmanto menghadiri istighosah kubro secara online di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Kegiatan ini berupa doa bersama menghadapi wabah virus Covid-19 yang mengguncang dunia, termasuk Indonesia.

Acara yang digagas oleh Pemprov Jatim bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim, dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) ini dipimpin oleh Rais Aam PBNU KH Miftakhul Ahyar.  Diawali dengan bacaan istighfar dari kantor PWNU Jatim, kemudian pembacaan tawasul dipimpin oleh Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur dari Ponpes Lirboyo, Kediri. Sedangkan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membacakan doa dari Gedung Negara Grahadi.

Istighosah dimulai pukul 19.30 WIB dipimpin melalui tiga tempat, yaitu di Gedung Negara Grahadi, di Kantor PWNU Jatim dan di Ponpes Lirboyo, Kediri. Istighosah dilakukan secara online sebab adanya physical distancing, atau sementara waktu dilarang untuk mengadakan kegiatan ibadah yang melibatkan banyak orang dalam bentuk gerombolan.

Untuk itu ribuan umat muslim dapat menyaksikan langsung melalui stasiun televisi nasional yakni TVRI Surabaya, serta 15 stasiun televisi lokal Jatim lainnya. Istighosah ini juga bisa diakses via streaming melalui 19 akun jaringan NU dan Pesantren, instagram, Youtube, dan facebook PWNU.

“Kami mendoakan Indonesia agar corona segera sirna dan semoga Istighosah ini membawa berkah bagi Jawa Timur dan bagi kita semua. Sehingga Covid-19 pendeminya segera berakhir,” kata  Laksda Heru usai mengikuti kegiatan.

Nampak hadir dalam acara tersebut Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Pangdam V/ Brawijaya, Kapolda Jatim,  serta seluruh Forkopimda Jatim.

 

(Ndr/Pen2)