PESERTA LATIHAN PENANGGULANGAN DAMPAK WABAH COVID-19 LANTAMAL XIII TAHUN 2020 MENDAPATKAN BRIEFING AWAL DARI DANLANTAMAL XIII

TARAKAN – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E., M.Si. selaku pimpinan latihan, melaksanakan briefing awal dalam rangka latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 di wilayah Lantamal XIII TA. 2020 yang berlangsung di Lapangan Futsal Mako Lantamal XIII Jl. Sei Ngingitan, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (08/04/20).

Dalam briefingnya, beliau menyampaikan perlunya mencermati perkembangan penyebaran dan dampak dari virus corona, faktor penyebaran yang sudah masuk ke wilayah Indonesia serta kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam rangka meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus corona. “ mencermati perkembangan situasi penyebaran virus corona (Covid-19) dari daratan Cina Wuhan berdampak sangat luas, sebagai akibat segala penyebaran virus tersebut, terutama dikarenakan interaksi antara manusia dengan manusia. Dikarenakan virus Corona sudah masuk ke wilayah Indonesia, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan seperti sistem Lockdown kepada seluruh wilayah di Indonesia. Langkah pemerintah sekarang adalah meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus di masyarakat”.
Beliau juga menyampaikan surat telegram Panglima TNI tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19. “Panglima telah mengeluarkan surat telegram tentang pedoman dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di lingkungan TNI dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi Resiko Covid-19 yang disebabkan mobilitas seluruh prajurit dan PNS TNI. Dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintah melalui pimpinan TNI maka Lantamal Xlll melaksanakan latihan penanggulangan Covid-19 di Lantamal Xlll guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Lantamal Xlll yang handal dalam melaksanakan penanggulangan dampak wabah Covid-19 secara berhasil dan berdaya guna”
Agar pelaksanaan latihan penanggulangan Covid-19 dapat berjalan dengan sukses Danlantamal XIII memerintahkan seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan untuk benar-benar memahami dengan baik serta secara professional serta berharap agar prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil latihan, mampu menjalin kerjasama sesama peserta latihan, para pelatih dan narasumber. “saya berharap seluruh prajurit yang terlibat dapat mengaplikasikan hasil dari latihan ini dan mampu menjalin kerjasama antara peserta latihan dengan para pelatih dan narasumber”.

Selesai briefing awal, pimpinan latihan melaksanakan penyerahan vitamin kepada seluruh peserta latihan kemudian dilanjutkan penyampain materi sosialisasi covid-19 oleh Ka Subbag Jangklin RSAL Ilyas Tarakan Mayor Laut (K) dr. M. Irfan Ilmi, Sp. P. Serta pemberian materi Sosialisasi Kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 oleh Asintel Danlantamal XIII Kolonel Marinir Azrin.

Hadir dalam kegiatan, Wadan Lantamal Xlll Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih S.E., Para Asisten Danlantamal Xlll, Dansatrol Lantamal XIII Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo, Para Kadis/Kasatker Lantamal Xlll, para prajurit Lantamal Xlll, para prajurit Yonmarharlan Xlll serta para PNS Lantamal Xlll.

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.