Penanganan Covid-19, Personel Lantamal VI Dapatkan Pelatihan Materi Drill Teknis Pemakaian APD

 

Makassar, Di hari ke-3 Latihan Penanganan Covid-19 Tahun 2020 Lantamal VI, para personel Lantamal VI dan personel Yonmarhanlan VI mendapatkan pelatihan materi drill teknis pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) bertempat di Pantai Jalaria Mako Lantamal VI, Rabu (08/04/2020).

Materi ini dibawakan langsung oleh Kapten Laut (K) drg. Boby Ardhi S., Sp. Pros dengan memperkenalkan tentang bagian dari APD terdiri dari masker N95 atau ekuivalen, gaun khusus, sepatu boot, pelindung mata (face shield), sarung tangan bedah karet steril dan sekali pakai, penutup kepala serta apron serta contoh praktek cara memakainya.

Menurut Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhy Sunaryo, S.T., M.M., selaku Dansubsatgas Covid-19 Lantamal VI menyampai saat ini berdasarkan data penyebaran virus Corona di Indonesia semakin meluas, oleh karena itu para personel Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI perlu diberikan materi APD khusus penaganan Covid-19 seperti ini agar dapat lebih mengenal tentang peralatan tersebut dan cara memakainya sebab sewaktu-waktu tenaga mereka diperlukan untuk mengevakuasi orang yang sudah sudah terpapar virus Corona dan mereka telah siap dengan peralatan APD yang diperkenalkan ini.

“Penggunaan APD saat mengevakuasi orang yang tertular Virus Corona sangat diperlukan karena dapat melindungi diri dari penularan virus tersebut, hal ini demi keamanan diri sendiri karena virus merupakan mikro organisme yang bisa menempel dimana saja yang mengakibatkan penularan semakin meluas karena dibawa oleh orang atau benda yang sudah tertular Covid-19”, tambahnya.

Pelaksanaan pun berjalan dengan baik, nampak para peserta pelatihan tersebut memperhatikan penjelasan pemateri dan praktek penggunaan APD dengan serius agar memahami dan mengerti materi yang telah disampaikan.